Tips Aman Saat Mudik Ketika Rem Kendaraan Anda Bocor Dijalan


Waktu sekarang ini ketika bulan puasa dan akan datangnya hari raya idul fitri pasti kebanyakan orang akan mudik ke kampung halaman.Dengan transportasi kendaraan mobil maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan terhadap semua kondisi dari engine,rem,ban dan system lainnya.

Jika saat kendaraan digunakan dan minim bahkan jarang dilakukan perawatan maka bisa saja terjadi kerusakan dijalan.Hal yang sering terjadi pada kendaraan ketika perjalanan jauh adalah system rem mengalami kerusakan yaitu rem terjadi kebocoran minyak rem sehingga kerja dari rem akan terganggu dan bahkan tidak dapat digunakan untuk mengerem.

Untuk antisipasi seperti ini dalam keadaan darurat maka kita perlu lihat ke bagian bawah kendaraan terutama di bagian roda.Terdapat rembesan minyak rem dibagian roda sebelah depan atau belakang dan sebelah kanan atau kiri dengan ditandai terlihat basah di area roda dan velgnya.Apabila sudah ketemu bagian yang basah maka bagian tersebut yang kemungkinan ada kebocoran minyak rem.

Seperti terlihat pada gambar setiap rem di lengkapi dengan sebuah selang untuk jalur minyak remnya.Kita lepas selang tersebut menggunakan kunci 10 dan kita tidak fungsikan rem pada bagian roda yang remnya bermasalah.Yaitu dengan menutup selang menggunakan sebuah paku.Masukan paku kedalam selang kemudian pasang kembali selang tersebut ke roda.Hal ini dimaksudkan bahwa agar minyak rem terhenti dengan ditutup oleh paku tadi sehingga system rem roda tersebut tidak bekerja.

Hanya tiga roda saja yang bekerja setelah bagian roda tersebut kita tutup dengan paku.Maka saat jalan harus dalam kecepatan yang rendah dan segera datang kebengkel untuk perbaikan.Hal ini dilakukan dalam keadaan darurat ketika dimalam hariyang bengkel sudah pada tutup semua atau dalam keadaan jalan yang jauh dari bengkel.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa periksakan kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan jauh agar tidak terjadi mogok dijalan dan semoga selamat sampai tujuan.

Komentar