Bagaimana Cara Memeriksa Electric Power Steering Mitsubishi Mirage Yang Bermasalah


Pada kendaraan mitsubishi mirage dilengkapi dengan electric power steering.Jadi tidak memakai hidrolik power steering maupun secara manual.Sekarang tipe kendaraan kecil sudah dikontrol secara electronic oleh komputer.

Era terdahulu steering sangat berat karena menggunakan steering manual yaitu hanya menggunakan steering gear tipe rack and pinion yang langsung dihubungkan dengan stering wheel dan juga dihubungkan ke roda depan kanan dan kiri.

Dengan bertambahnya era teknologi yang semakin canggih sekarang dari system steering manual ke system steering hidrolik mulai ditinggalkan oleh pabrik pembuat mobil.Menggunakan system electronic pada system steering sangat lebih efisien dan resiko kebocoran minyak power steering sudah tidak ada dikarenakan tidak lagi menggunakan minyak sebagai pengontrol tekanan.

Dari system electronic menggunakan motor sebagai pembantu untuk menggerakan steering kekanan dan kekiri agar saat kita memutar steering menjadi lebih ringan.Bahwasanya motor bekerja sesuai perintah dari electronic control unit ( ECU ) dengan masukan dari berbagai sensor.

Jika kendaraan mengalami laka seperti terlihat pada gambar diatas yaitu steering pada as nya mengalami kebengkokan maka hal ini sudah tidak bisa diperbaiki.Apalagi jika rumah dari steering motor pecah maka pasti sensor didalam steering coulomb juga akan mengalami kerusakan.

Untuk itu penggantian dilakukan secara assy agar didapatkan steering yang kembali normal seperti sedia kala.Hal yang terjadi ketika steering berat pada electronic power steering maka kita harus mengetahui bahwa motor pada steering digerakan oleh tegangan.Dan tegangan itu berasal dari battery dan ada fuse untuk sebagai pengaman jika tersadi konslet.

Cek terlebih dahulu tegangan power supply pada motor jika tidak ada maka periksa fuse apakah putus atau tidak.Jika tidak ada tegangan yang masuk ke motor maka motor tidak bekerja sehingga steering akan berat.Bisa jadi masalah ini terjadi oleh kerusakan komponen lain dari sensor atau ECU nya.

Untuk memeriksa system electronic power steering perlu menggunakan scan khusus sehingga trouble dapat diketahui dari sensor atau dari komponen yang lainya.

Komentar