Fungsi Dari Priming Pump Pada Kendaraan Diesel Engine

Pada kendaraan dengan bahan bakar diesel dilengkapi dengan priming pump untuk membantu menaikan dengan cepat bahan bakar dari tangki ke fuel filter secara manual.Bilamana kita waktu melepas fuel filter untuk mengganti atau membersihkanya maka untuk menaikan bahan bakar dengan cara memompa priming pump tersebut.

Dengan dipompa maka solar akan naik ke fuel filter dan mengisi penuh didalam fuel filter.Dan setelah penuh diperkukan untuk membleding udara agar keluar dari system bahan bakar.Dikarenakan jika terdapat udara didalam bahan bakar maka engine sangat susah dihidupkan.Maka dari itu bleding dilakukan dengan cara memompa priming pump sampai tidak ada buih dai lubang untuk bleeding.


Priming pump sangat membantu sekali dalam memompa bahan bakar ke fuel filter dan kedalam injection pump.Sehingga saat kendaraan distart maka engine langsung menyala.Setelah engine menyala maka fungsi dari priming pump tidak digunakan.Karena bahan bakar dari tangki langsung dipompa oleh injection pump dengan memanfaatkan putaran mesin.

Setelah dilakukan pompa maka kembalikan tutup pompa dan tekan sambil diputar kekanan untuk menutup priming pump.Jika tidak dilakukan setelah mesin hidup lama bahkan sampai kendaraan berjalan bisa mengakibatkan priming pump rusak dan akan terjadi rembesan solar atau bahan bakar.

Didalam priming pump terdapat membran yang bila mana sudah rusak maka bisa mengakibatkan engine masuk angin.Gejalanya adalah ketika kendaraan berjalan beberapa kilometer maka engine tiba-tiba mati sendiri.Jika sudah demikian priming pump diganti secara assy,karena jika rusak tidak menyediakan membrannya.

Jangan lupa jika mengganti priming pump sebaiknya O-ring tembaga juga dipasang yang baru karena jika dipasang oring lama bisa mengakibatkan rembesan solar dan engine bisa menjadi mbrebet.

Komentar