Funsi Oil Cooler Di Transmisi Otomatis Pada Kendaraan Mitsubishi Mirage


Mitsubishi mirage merupakan kendaraan dari mitsubishi yang sangat nyaman dengan tenaga yang besar.Meskipun hanya menggunakan tiga silinder dengan isi silinder 1200 cc,engine ini sangat nyaman untuk dikendarai.

Disini saya akan memberikan informasi tentang transmisi otomatis yang ada di mobil mirage.Kendaraan ini menggunakan transmisi otomatis tipe continous variable transmision atau sering disebut CVT automatic transmision.

Semua kendaraan dengan transmisi otomatis dilengkapi dengan oil cooler.Oil cooler biasanya digunakan untuk mendinginkan oli di mesin pada kendaraan diesel.Karena pada kendaraan diesel temperatur engine sangat tinggi begitu juga dengan temperatur ada engine oil.Sehingga diperlukan pendingin oli yang disebut dengan oil cooler.

Untuk transmisi otomatis menggunakan oil cooler yang fungsinya juga sama untuk mendinginkan oli.Kalau oil cooler di engine diesel untuk mendinginkan oli mesin berbeda dengan oil cooler di transmisi otomatis.Disini berfungsi untuk mendinginkan oli matic.

Karena kerja dari oli matic sangat berat dan juga temperatur sangat tinggi maka diperlukan pendinginan oli matic agar kerja dari transmisi otomatis dapat sempurna dan lebih baik.Pendinginan ini memerlukan bantuan dari system pendingin mesin.Jadi oil cooler dihubungkan dengan air radiator.

Fungsi air radiator selain untuk mendinginkan engine juga sebagai pendingin oli matic.Karena oil cooler ada dua bagian ruangan yang satu oli matic dan satunya jalur untuk air pendingin.Jika air melewati ruangan di oil cooler maka oli matic akan menjadi turun temperaturnya karena efek air yang dingin.

Seperti terlihat pada gambar merupakan oil cooler untuk transmisi otomatis di mitsubishi mirage.Ada dua buah pipa untuk jalur selang yang berhubungan dengan air radiator.Sehingga jika tidak ada pendinginan terhadap oli matic maka bisa menyebabkan transmisi otomatis menjadi rusak karena over heat.

Komentar