Hal Yang Sangat Perlu Diketahui Tentang Lampu Aladin Atau Lampu Indikator Oli Mesin


Indikator di odometer assy pada kendaraan banyak sekali yang menyala ketika waktu kunci kontak posisi ON.Sebagian orang meskipun memiliki kendaraan namun tidak begitu paham akan apa arti dari indikator yang menyala pada odometernya assy tersebut.

Kali ini saya akan membahas tentang indikator berwarna merah yang menyerupai gambar lampu aladin.Berbentuk teko ada pegangan dan tutupnya dengan ujung untuk keluar air lebih menjorok ke depan seperti teko lampu aladin yang dapat mengeluarkan jin.

Indikator yang menyerupai lampu aladin adalah indikator untuk control oli mesin.Dimana jika saat kunci kontak on maka indikator tersebut menyala.Dan jika kendaraan sudah distart dan hidup maka lampi indikator akan mati.

Mengapa saat kendaraan hidup indikator ini mati,itu dikarenakan ada sebuah switch oli yang berfungsi untuk mendeteksi tekanan oli mesin yang dipompa oleh oil pump.Tekanan oli mesin selalu dijaga dalam keadaan tetap oleh regulator valve disystem pelumasan mesin.Karena untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran oli mesin yang di lindungi oleh seal pada bagian tertentu.

Switch ini mendeteksi apakah tekanan oli sudah mencapai batas maksimal atau belum.Apabila sudah mencapai batas maksimal switch ini terkena tekanan oli sehingga switch tidak terhubung sehingga atinya switch off.Dengan switch off maka lampu indikator oli mesin akan mati.

Berbeda jika tekanan oli mesin kurang dari standar maka switch tidak mendapatkan tekanan dari oli mesin sehingga tekanan oli tidak mampu mengalahkan spring maka dari itu switch akan selalu terhubung yaitu posisi on.Akibatnya jika switch on maka indikator oli mesin di dashboard akan selalu menyala.

Khasus yang lain jika control indikator oli mesin menyala bisa disebabkan oleh switch oli yang rusak.Bukan dari oil pump yang tekanan oli lemah namun part tersebut yang sudah rusak pada switcny,sehingga perlu diganti jika mengalami hal seperti ini.

Lampu indikator oli mesin selalu diwaspadai jika menyala saat mesin hidup.Jika memang diakibatkan oleh tekanan oli mesin yang lemah maka pada bagian atas mesin tidak akan mendapatkan oli.Hal ini bisa menjadi kerusakan yang fatal karena bisa merusak komponen yang bergerak yang membutuhkan pelumasan.

Hal yang harus dilakukan jika indikator ini menyala segera periksakan kendaraan anda ke bengkel terdekat agar diketahui lebih cepat asal kerusakan sehingga tidak menjalar ke komponen yang lainya.

Komentar