Jangan Sepelekan Jika Terjadi Rembesan Oli Di Kendaraan Anda Agar Tidak Terjadi Seperti Ini.


Pada semua kendaraan dilengkapi dengan oli yang berfungsi untuk melumasi bagian komponen yang bergerak.Jika tidak ada pelumasan oleh oli maka dipastikan engine akan mengalami kerusakan.Maka dari itu sangat penting untuk menjaga oli mesin dari kebocoran.

Seperti terlihat pada gambar terjadi rembesan oli mesin di bagian engine terutama di calter atau penampung oli.Jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan terjadi kekurangan oli mesin.Agar selalu untuk memeriksa jumlah oli mesin setiap seminggu sekali agar diketahui apakah oli mesin masih dalam jumlah wajar atau berkurang.

Seperti gasket atau seal untuk oli di bagian mesin mempunyai batas waktu atau umur agar selalu menjaga oli mesin tidak rembes atau bocor.Karena seal terbuat dari karet yang sangat elastis dan tahan panas.Meskipun itu daya tahan dari karet yang elastis juga akan menjadi keras sehingga akan mempengaruhi kinerja dari seal untuk menghambat oli mesin.

Maka jika sudah terjadi rembesan oli mesin terutama di bagian yang ada sealnya maka sebaiknya diganti seal yang rusak tersebut.Apabila dibiarkan maka akan terjadi rembesan yang semakin banyak bahkan oli bisa habis karena kita yang tidak sering kontrol.

Jika sudah kehabisan oli mesin maka engine akan mogok karena panas dan komponen metal jalan atau conecting rod bearing akan aus menyebabkan conecting rod akan terkunci dan engine akan mati.Dengan demikian akhirnya engine harus di over houle dan memerlukan biaya yang cukup banyak.

Komentar