Kerusakan Akibat Kurang Perawatan Pada CV Joint Di Kendaraan Penggerak Roda Depan


Kendaraan dengan penggerak roda depan untuk menggerakan roda depan menggunakan drive shaft yang dilengkapi dengan cv joint.Kepanjangan dari constan velocity joint.Di kendaraan setiap bagian kanan ada dua cv joint yaitu bagian luar dan bagian dalam,begitu juga untuk bagian kiri.

Didalam cv joint terdapat grease yang berfungsi untuk melumasi bearing,karena didalam cv joint terdapat bearing yang dapat bergerak bebas sehingga dapat berfungsi dengan baik saat kendaraan berbelok.Cv joint ditutup dengan menggunakan boot dan harus dijaga agar terhindar dari kerusakan atau boot tersobek.

Jika boot sobek maka grease didalam cv joint akan keluar dan tidak ada pelumasan didalam bearing.Jika dibiarkan terus menerus maka kotoran pasir dan debu dari jalanan akan masuk ke dalam bearing didalam cv joint.Sebelum terjadi kerusakan seperti pada gambar diatas biasanya cv joint memberikan tanda-tanda kerusakan sehingga harus dilakukan pemeriksaan.

Tanda yang sering terjadi jika cv joint sudah mulai rusak adalah timbul adanya bunyi saat kendaraan dibelokan penuh kekanan atau kekiri.Maka jika kendaraan anda muncul fenomena tersebut kemungkinan adalah cv joint sudah aus pada bearingnya.

Periksa boot terlebih dahulu apakah sobek atau bahkan sudah tidak ada karena sobek dan terbawa putaran drive shaft sehingga lepas dan hilang.Segera lakukan perbaikan agar saat kendaraan dipakai tidak mengalami hambatan atau kerusakan dijalan.

Hal yang perlu diwaspadai jika rusak seperti gambar diatas yaitu cv joint pecah dan bearing juga rusak maka kendaraan sudah tidak bisa dijalankan kembali.Selalu kontrol kendaraan dari komponen engine dan roda jika terjadi keanehan maka segera periksa agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Komentar