Modifikasi Fuel Pump Luar Pada Kendaraan Honda Accord Prestige 2000 cc


Bersama ini saya membagikan artikel yang bertujuan untuk memberikan informasi dan tips seputar dunia otomotif.Berbicara kendaraan motuba yaitu mobil tua bangka dimana di negara kita kendaraan meskipun sudah berumur 30 tahun lebih masih saja berseliwaran di jalan.

Motuba yang dibahas kali ini adalah kendaraan honda accord prestige tahun 1986-1989 dimana kendaraan berbahan bakar bensin dan mesin masih menggunakan system carburator.Berbeda pada kendaraan lain meskipun carburator namun sudah menggunakan isi silinder 2000 cc.

Tipe engine dengan carburator biasanya menggunakan system fuel pump manual atau electrick.Beberapa kendaraan menggunakan system manual dengan digerakan oleh putaran mesin.Namun untuk accord prestige ini menggunakan electric fuel pump.

Fuel pump berada didalam tangki bahan bakar dan jika terjadi kerusakan maka bisa diganti atau dimodif menggunakan electric fuel pump yang posisinya diluar dari tangki bahan bakar.Seperti terlihat pada gambar di atas electric guel pump ada di luar dan dipasangkan didalam bagasi.

Bisa juga fuel pump dipasang didekat carburator di ruang engine,namun dengan bertambahnya waktu dan kendaraan sering dipakai maka fuel pump akan semakin lemah karena efek panas dari mesin.Pernah diganti fuel pump baru dan dipasangkan dekat carburator,selang beberapa bulan engine mogok karena tidak adanya aliran bahan bakar.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata fuel pump mati karena panas.Kendaraan diberhentikan beberapa jam sampai fuel pump dingin dan engine dihidupkan lagi.Engine bisa hidup kembali dan aliran bahan bakar menjadi lancar.

Maka untuk itu agar fuel pump tidak terlalu panas yang berakibat tidak dapat memompa bahan bakar dari tangki ke carburator maka lokasi dan tempat fuel pump dipindah.Salah satunya dipindah didalam bagasi agar tehindar dari panas engine.Bisa juga dipasangkan dibagian bawah sebelah kiri dekat dengan suspensi belakang kiri.

Untuk posisi dibawah resiko waktu hujan pas lewat jalan berair karena bisa menyebabkan electric fuel pump terkena air dan akhirnya mati.Maka lokasi paling aman adalah didalam bagasi dengan diberi pelindung agar fuel pump selalu terjaga.

Komentar