Penyebab Bunyi Mendengung Saat Kendaraan Berjalan Kecepatan 60 Km/Jam Pada Mitsubishi Mirage


Trouble yang terjadi kali ini pada kendaraan mitsubishi mirage yaitu suara abnormal saat kendaraan berjalan kecepatan di atas 60 km/jam.Sebelum dilakukan pembongkaran dan proses service maka perlu dilakukan test drive.Sehingga akan diketahui mana suara yang dikeluhkan oleh customer.

Dilakukan test drive dengan kecepatan bertahap dari 40 km/jam sampai muncul suara abnormal yang dikeluhkan customer.Pada saat kendaraan berjalan tidak muncul suara abnormal namun setelah kecepatan bertambah suara tersebut terdengar sangat keras sekali dan bising ditelinga.Sehingga saat kita memutar lagu didalam kabin hampir suara lagu kalah dengan suara abnormal dikendaraan.

Suara terdengar dari roda belakang dengan cara kaca dibuka dan didengarkan asal dari mana suara tersebut.Apakah dari roda depan atau belakang,dan ternyata suara dari roda belakang sebelah kanan yang suaranya terdengar sangat keras.

Sesampai dibengkel dilakukan pemeriksaan terhadapt roda belakang dengan cara kendaraan diangkat dan di goyang-goyangkan roda tersebut.Roda tidak ada gerakan dan masih dalam posisi yang kencang sehingga diperlukan pemeriksaan lebih jauh lagi yaitu dengan cara membongkar bearing roda.

Karena hanya yang dibelakang yang ikut berputar adalah bearing roda dan roda itu sendiri.Karena suara abnormal muncul ketika kendaraan berjalan maka analisa penyebanya adalah bearing roda belakang.Bearing roda dilakukan pembongkaran dan hasilnya terlihat bearing masih dalam keadaan bagus namun rumah bearing terlihat seperti gambar ada bagian yang halus dan bagian yang aus.

Bagian yang aus tersebut menyebabkan suara yang abnormal ketika bertemu dengan bearing,dikarenakan bearing selalu berputar mengikuti putaran roda dan ketika bersentuhan dengan rumah bearing yang aus maka timbul suara abnormal.Semakin kendaraan berjalan kencang maka suara abnormal tersebut juga akan bertambah keras.

Meskipun yang rusak hanya bagian belakang sebelah kanan maka sebaiknya lakukan penggantian di dua sisi yaitu sebelah kanan dan kiri sehingga bearing roda belakang akan kembali pada seperti baru karena sudah diganti.Selalu gunakan genuine part agar komponen lebuh awet saat kendaraan digunakan setiap saat.

Komentar