Penyebab Mesin Colt Diesel Canter Tidak Bisa Mati Meskipun Kunci Kontak Posisi Off


Trouble pada kendaraan colt diesel canter yang sering terjadi pada kendaraan yaitu engine masih menyala meskipun kunci kontak dalam posisi off.Kenapa ini bisa terjadi maka simak penjelasan berikut ini.

Sebelumnya kendaraan colt diesel terdahulu hanya menggunakan kabel baja yang dihubungkan dengan kunci kontak untuk mematikan kendaraan.Jika kunci kontak off maka kabel akan tertarik dan menyebabkan kran untuk jalur bahan bakar di injection pump akan tertutup.Dengan tertutupnya jalur bahan bakar maka tidak ada penginjeksian bahan bakar dan engine mati.

Berbeda untuk colt diesel canter yang sudah dilengkapi dengan fuel cut motor.Motor ini berfungsi untuk mematikan mesin dengan cara yang sama.Yaitu menarik kabel baja yang dihubungkan dengan kran jalur bahan bakar di injection pump.Jika kunci kontak off maka fuel cut motor menarik kabel dan jika kunci kontak on maka fuel cut motor membebaskan kabel sehingga kran jalur bahan bakar tidak tertarik dan jalur bahan bakar terbuka.

Yang sering terjadi adalah kabel baja pada fuel cut motor putus.Sehingga meskipun motor bekerja namun tidak ada yang menarik dan melepas kran bahan bakar.Jika kabel baja putus maka kran dalam posisi terbuka sehingga jalur bahan bakar akan mengalir terus menerus menyebabkan engien tetap menyala.engine tidak bisa dimatikan kecuali dengan cara dimatikan secara paksa.

Jika sudah putus harus ganti secara assy untuk fuel cut motornya.Harganya memang lumayan mahal namun dapat kita perbaiki jika hanya kabel baja yang mengalami putus.Maka dengan kabel baja didalam fuel cut motor kita lepas dan dapat diganti dengan selang rem sepeda motor yang dijual ditoko onderdil.

Saya sudah melakukanya dengan mengganti kabel baja yang putus pada fuel cut motor dengan kabel rem untuk sepeda motor.Hasilnya juga bagus dan kuat dan masih berfungsi sesuai dengan aslinya.Kabel rem sama persis diameter dan bentuknya maka bagus juga untuk kita service manual yang pasti fuel cut bisa berfungsi dengan baik.

Komentar