Penyebab Oli Mesin Sering Ngejok Pada Kendaraan


Kendaraan yang sering ngejok oli mesin sangat perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan kerusakan mesin yang terlalu parah.Karena fungsi oli mesin memberikan pelumasan pada komponen yang bergerak sehingga jika tidak ada pelumasan maka akan terjadi keausan pada part tersebut.

Oli ngejok bisa diakibatkan oleh kebocoran oli di engine sehingga terjadi kekurangan oli mesin yang terus menerus jika dibiarkan akan semakin habis.Maka jika ada rembesan oli mesin maka segera untuk diperbaiki karena jika dibiarkan kerusakan akan semakin banyak dan bertambah.

Selain hal diatas oli cepat habis disebabkan oleh ring piston yang telah aus atau seal klep atau seal valve yang sudah bocor.Mengakibatkan oli mesin masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar bersama pembakaran engine.

Keausan ring piston dan liner cylinder bisa diakibatkan oleh kotoran yang masuk kedalam ruang bakar yaitu debu dan semacamnya.Fungsi dari filter udara yang seharusnya menyaring debu dan kotoran dari udara tidak dapat tersaring dengan baik.Maka masuk kedalam ruang bakar dan gesekan piston dengan dinding cylinder dengan adanya kotoran maka keausan semakin lebih cepat.

Jika sudah terjadi seperti maka perlu dilakukan engine over houle.Dilakukan over size yaitu dengan membesarkan lubang cylinder karena cylinder aus sehingga perlu dilakukan hal tersebut.Agar kompresi tetap terjaga dan menghilangkan berkurangnya oli mesin.

Agar engine yang diover houle menjadi lebih sempurna biasanya dilakukan penggantian standart pada pistonya.Sehingga tidak dilakukan over size karena semua kembali pada standart dari piston,ring piston dan cylinder liner sehingga seperti pada kendaraan baru.

Untuk kendaraan yang sering digunakan maka sebaiknya dilakukan service secara rutin agar engine selalu dalam kondisi yang baik.Umur kendaraan akan menjadi lebih lama dan tentunya ongkos yang dijkeluarkan untuk service lebih hemat.

Komentar