Penyebab Steering Gluyur Dan Tidak Stabil Pada Kendaraan Mitsubishi L300

Steering gluyur sering terjadi pada kendaraan mitsubishi L300 terutama terjadi saat kecepatan sedang dengan kondisi jalan yang bergelombang.Jika sudah terlalu parah maka bisa mengakibatkaan steering tidak stabil saat kecepatan tinggi.Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dari system kemudi dan suspensi roda depan.


Untuk system kemudi pada kendaraan mitsubishi l300 dilengkapi dengan beberapa komponen antara lain dari tierod dan sambungan ke tie rod sebelah kanan dan kiri.Seperti terlihat pada gambar diatas menunjukan bahwa part tersebut dipasangkan di sebelah kanan dari system kemudi.Untuk sebelah kiri juga dilengkapi dengan komponen yang terdiri dari bhusing steer.

Untuk bhusing steering sebalah kanan dan kiri berbeda,untuk sebelah kanan pada gambar diatas terdapat bhusing di bagian dalamnya.Bhusing ini yang sering terjadi mengalami keausan sehingga steering menjadi kocak atau play lebih banyak.Maka perlu dilakukan penggantian bhusing tersebut.

Pada bagian sebelah kiri steering bhusing jika kocak maka perlu dilakukan penggantian juga sehingga satu set kanan dan kiri jika diganti maka keluhan steering tidak stabil akan menjadi normal kembali.Dalam hal ini juga periksa kekocakan atau play tierod,bearing roda.

Jika salah satu tie rod atau bearing roda kocak lakukan pemeriksaan dan penyetalan.Apabila masih dalam kondisi bagus maka cukup dilakukan press agar menjadi kencang dan play menjadi hilang.Berbeda jika play atau kocak yang sudah terlalu banyak maka lakukan penggantian.

Cukup mudah dalam mengganti bhusing tersebut dan harga dari bhusing termasuk cukup terjangkau.Untuk ganti bhusing sebaiknya ganti dengan spare part original karena bahan dari part original seperti fiber yang kuat dan tahan keausan.Berbeda jika menggunakan part non original maka saat pemasangan menjadi lebih sempit dan sesak.Maka berakibta saat sudah dipasang dikendaraan steering menjadi lebih berat karena bhusing tersebut terlalu sesak terhadap as dan rumahnya.

Komentar