Penyebab Tangki Bahan Bakar Penyok Karena Saluran Bahan Bakar Bermasalah


Artikel ini saya terbitkan karena ada salah satu customer yang mengeluhkan control bahan bakar tidak cocok sesuai dengan isi bahan bakar ditangki.Customer datang ke bengkel dan menceritakan hal tersebut.

Setelah diperiksa control bahan bakar di dashboard memang didapatkan tidak sesuai.Maka langsung dilakukan pemeriksaan terhadap fuel gaugenya.Setelah dilihat ada bagian tangki bahan bakar yang bermasalah yaitu pada bagian bawah tangki penyok seperti terkena benturan dari bawah oleh benda keras.

Kendaraan diangkat dan diperiksa apakah ada luka terkena benda tumpul atau sejenisnya sampai tangki bahan bakar penyok.Tidak ditemukan adanya benturan namun pada tangki sampai penyok bisa disebabkan oleh sesuatu hal.

Fuel gauge yang didalam tangki bahan bakar juga ikut terdorong oleh rumah tangki bahan bakar yag penyok sehingga fuel gauge bengkok dan tidak dapat membaca sempurna jumlah bahan bakar di dalam tangki.Maka indikator di dashboard juga tidak sesuai.

Setelah di lakukan investigasi pada tangki bahan bakar ternyata disebabkan oleh lubang pernafasan tangki yang tidak lancar.Dalam hal ini tersumbat sehingga tidak adanya jalur udara di dalam tangki maka membuat tangki menjadi kedap udara.

Fuel pump menghisap bahan bakar dari tangki sehingga karena tidak adanya lubang pernafasan menyebabkan tangki terhisap oleh pompa.Karena terhisap terus menerus selama mesin hidup maka tangki akan berubah bentuk.Karena pada bagian tengah yang bahan komponen tipis dan luas penampangnya lebih lebar sehingga akan tertarik dan terlihat seperti benturan benda keras.

Selalu periksa tangki bahan bakar anda apakah ada rembesan bahan bakar atau berubah bentuk dikarenakan benturan oleh benda luar.Atau bisa jadi karena lubang selang pernasafasan tidak lancar bahkan tersumbat.

Komentar