Tips Memperbaiki Gearbox Power Steering Yang Terjadi Rembesan Atau Kebocoran Oli


Kendaraan yang menggunakan power steering tipe hidrolik sering terjadi rembes bahkan bocor oli di steeringnya.Umur dari seal akan mempengaruhi kerja dari seal dari kendaraan baru mungkin sudah hampir lima tahun lebih baru terjadi rembesan minyak power steering.

Hal yang paling sulit untuk diperbaiki jika terjadi rembesan di steering gearbox tipe rack and pinion.Karena didalam tabung gearbox terdapat minyak yang ditahan oleh seal di bagian ujung kanan dan kirinya.Maka kerja dari seal sangat berat sehingga mudah sekali terjadi kebocoran.

Jika terjadi rembesan oli power steering maka selalu periksa dan lakukan penambahan oli jika jumlahnya berkurang.Apabila oli sampai habis maka pompa dan gearbox akan cepat rusak karena tidak ada pelumasan di steering system.

Untuk memperbaiki seal gearbox tipe rack and pinion sebaiknya lakukan penggantian menggunakan seal yang genuine part karena seal asli kualitas bahan sangat bagus dan tahan lama jika dibandingkan dengan seal yang kualitas no dua.Karena sebagian bengkel jika membongkar power steering terjadi beberapa kendala.Meskipun sudah ganti seal kadang masih sering terjadi kebocoran karena pemasangan yang tidak sempurna.

Seal power steering tipe rack and pinion yang bagian dalam sangat sulit membukanya kecuali mempunyai alat khusus.Dan pemasangan harus juga presisi sehingga tidak terjadi rembesan atau kebocoran lagi.Karena seal yang dalam jika sudah diganti dan rembes kembali maka seal tersebut untuk melepasnya kembali sudah dalam keadaan rusak.Sehingga perlu diganti seal baru lagi.

Saya sendiri sorang mekanik pernah melakukan hal yang sama kadang juga berhasil dan kadang sampai bolak balik bongkar pasang juga tidak berhasil.Jika sudah seperti ini maka diperlukan penggantian steering gearbox satu set.

Bisa jadi meskipun sudah diganti seal namun masih terjadi rembes atau bocor  kemungkinan yang sering terjadi adalah ada keausan pada steering racknya.Sehingga saat rack melalui seal pada posisi yang aus maka terjadi rembesan oli.Untuk memperbaikinya dengan cara ganti steering rack atau rack bekas dilakukan crome sehingga seluruh badan rack akan terbungkus crome dan seperti baru kembali.

Banyak bengkel yang membuka jasa khusus specialist power steering,sehingga banyak sekali pemilik kendaraan yang memperbaiki mobilnya yang rusak dibagian power steering dibawa ke bengkel specialist.Karena specialist hanya mengerjakan khusus power steering sehingga lebih paham dan hafal dalam perbaikan.Yang bagus lagi specialist memberikan garansi service satu bulan sehingga kepercayaan terhadap bengkel specialist kepada customer semakin terjalin dengan baik.

Komentar