Wiring Diagram Untuk Switch Rem Pada Kendaraan Transmisi Otomatis Dan System Rem ABS


Kendaraan untuk transmisi otomatis sering kali jika kita akan men start engine maka perlu dilakukan untuk injak pedal rem.Karena switch rem ini berhubungan dengan engine control unit yang akan berhubungan dengan system starter.

Maka apabila switch pedal rem rusak maka system starter tidak akan berfungsi sehingga perlu dilakukan pemeriksaan terhadap switch remnya.Bisa jadi switch rem tidak rusak namun tegangan yang tidak ada.Tidak adanya tegangan juga bisa disebabkan oleh jalur wiring yang rusak atau putus.

Dilihat dari wiring diagram maka sebelum masuk ke switch rem ada fuse yang berfungsi jika terjadi short atau konslet maka fuse tersebut akan putus sehingga jalur wiring harnes tetap dalam kondisi yang baik.Maka periksa fuse terlebih dahulu sehingga bisa memastikan bahwa ada atau tidak adanya tegangan dari battery ke switch rem.

Selain berhubungan dengan system starter,pada kendaraan yang sudah dilengkapi dengan system ABS pada remnya juga menggunakan switch rem sebagai sensor untuk system ini.Sehingga jika switch rusak akan berpengaruh terhadap kerja dari system rem ABS.

Sekarang ini banyak sekali kendaraan yang berubah dari konvensional menjadi serba electronik.Termasuk transmisi manual menjadi transmisi otomatis begitu juga rem manual mnjadi rem ABS.Jadi semua berhungan dengan sensor dan kabel untuk wiring diagram.

Bisa jadi system mengalami kerusakan tidak hanya pada part yang rusak namun juga dapat disebabkan oleh tegangan yang tidak stabil dan wiring harnes yang putus.Socket sambungan kabel yang kurang sempurna sehingga aliran arus dan tegangan ke sensor atau ECU tidak stabil.

Jika kerusakan sudah mulai masuk ke electrical system alangkah baiknya menggunakan wiring diagram untuk memperbaik.Dan dapat segera ditemukan pada jalur kabel yang mana,lokasi mana dan tentunya kabel warna apa yang berhubungan dengan system.Tidak salah jika banyak mekanik dealer menggunakan buku petunjuk manual dalam memperbaiki system electronic di kendaraan.

Karena jika menggunakan wiring diagram akan meminimalkan kerusakan yang bertambah.Misalkan asal jumper dan sambung kabel yang tidak berhubungan dengan kerusakan.Demikan informasi sederhana tentang wiring diagram pada kendaraan system injeksi.

Komentar