Akibat Tidak Pernah Melakukan Pemeriksaan Dan Perawatan Pada Kendaraan


Sebagian orang yang mempunyai kendaraan khususnya mobil kurang mengerti akan pemeriksaan dan perawatan setiap hari yang harus dilakukan.Kali ini adalah berbicara tentang kendaraan diesel yang sering dikendaraan oleh driver.

Driver juga berbeda-beda dari yang sudah mengerti akan kendaraannya sehingga jika kendaraan akan dipakai apa saja yang harus diperiksa.Namun banyak juga driver yang hanya bisa untuk langsung pakai dan tinggal gas kendaraan jalan.

Ibarat merawat kendaraan yang sering dipakai seperti merawat diri sendiri.Jika kotor dicuci dan jika merasa batuk dan tidak enak badan segera di berobatkan.Sama seperti mobil jika sakit harus segera diperiksakan ke bengkel terdekat.Namun jika kerusakan kecil mungkin bisa diperbaiki sendiri sehingga skill driver semakin terasah dan jika terjadi kerusakan dijalan maka bisa diperbaiki sendiri.

Untuk mesin diesel yang harus setiap hari diperiksa adalah jumlah oli mesin,air radiator dan juga kualitas solarnya.Solar dapat dilihat dari water separator dibagian kanan kendaraan sebelah fuel tank dekat dengan filter udara.Pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter menggunakan water separator tipe glass,sehingga jika fuel terlihat kotor maka bisa di lihat dari glass tersebut.

Dapat dilakukan pelepasan water separator dan dilakukan pembersihan.Jika sampai terlihat pada gambar maka kotoran dapat naik ke injektor dan menyebabkan injektor tersumbat.Dengan begitu maka kita sebagai driver dapat mengantisipasi hal tersebut dengan membersihkanya setiap saat tanpa harus dibawa ke bengkel.

Karena lokasi dan cara membukanya cukup mudah maka dapat dilakukan sendiri asalkan kita punya alat kunci.Apabila sudah terlihat kotor maka untuk fuel filter atas sebaiknya dilakukan penggantian juga.Karena kemungkinan filter solar atas sudah banyak kotoran dan akan berakibat mesin mbrebet.

Komentar