Ciri-Ciri Jika Kampas Kopling Sudah Aus Pada Kendaraan Colt Diesel Canter Yang Perlu Anda Ketahui


Kendaraan colt diesel merupakan kendaraan comercial yang sangat tangguh untuk muatan berat atau ringan.Karena sering dipakai untuk medan yang berat biasanya pada daerah tambah untuk angkutan pasir atau bebatuan maka sangat mungkin sering terjadi slip pada rodanya.

Slip inilah yang akan menyebabkan kopling juga menjadi selip dan akhirnya akan aus.Jika sudah terjadi seperti ini maka tenaga engine akan berkurang.Maka anda sebagai driver harus bisa membedakan antara engine yang kurang bertenaga apakah dari kopling atau dari penyetealan engine.

Terlihat dari gambar diatas kopling dalam kondisi yang aus sehingga power engine akan berkurang.Pada saat tanjakan tidak kuat naik dan akhirnya akan semakin selip dan merusak komponen yang lain.

Ciri-ciri kopling yang sudah aus adalah dengan cara menekan pedal koplingnya.Jika terjadi ada hentakan saat pedal kopling di injak maka kemungkinan kampas kopling sudah aus.Injakan ini terasa sekali karena saat di injak tidak bisa langsung terasa halus gerakan pedal koplingnya.

Untuk ciri-ciri yang lainya adalah ketika kendaraan berjalan saat kecepatan tinggi maka kendaraan tidak bisa tambah kecepatan meski pedal gas ditekan lebih dalam.Hanya suara mesin yang lebih keras karena putaran mesin bertambah.

Jika sudah seperti ini maka lakukan pembongkaran pada koplingnya.Maka nanti akan terlihat kopling yang aus,ganti kopling dengan genuine part agar lebih awet dalam pengoperasiannya.Jika memakai kopling rebelan atau kopling yang ganti hanya pada kampasnya maka lama-kelamaan akan terasa berat dan keras.

Ini dikarenakan bahan untuk kwalitas original sangat baik dibandingkan dengan kampas kopling rebelan,yaitu lebih keras.Memang jika kendaraan menggunakan kampas yang rebelan jauh lebih murah karena sering digunakan pada daerah yang sangat ektream medan untuk lokasi bekerja.

Komentar