Kapan Waktunya Untuk Perawatan Bearing Roda Kendaraan Anda


Setiap roda pada kendaraan dilengkapi dengan bearing sebagai bantalan untuk menahan beban kendaraan.Maka dari itu karena kerja dari bearing roda sangat berat sehingga perlu perawatan khusus agar tidak terjadi kerusakan.

Bearing roda ada yang bebas perawatan dan juga ada yang perlu perawatan yaitu dengan mengganti grease bearingnya.Untuk kendaraan comercial perlu perawatan untuk penggantian grease agar bearing selalu dapat pelumasan oleh grease saat kendaraan berjalan.

Karena bearing berputar terus menerus waktu kendaraan berjalan sehingga grease harus kuat terhadap tempertur tinggi.Berbeda pada bearing untuk kendaraan passanger yang merupakan bearing roda bebas perawatan.Karena bearing didesain khusus dan jika rusak harus ganti dan tentunya bebas perawatan.

Meskipun bebas perawatan kita sebagai pemilik kendaraan juga harus sering memeriksa keadaan bearing roda.Keadaan kendaraan yang lama belum sama sekali diperiksa bearingnya maka sangat perlu untuk memeriksa kualitas grease.Kemungkinan greas akan berubah warna dan kualitasnya.Sehingga bearing tidak mendapatkan pelumasan yang baik,akibatnya bearing akan cepat rusak.

Jika sudah seperti pada gambar bearing pada bantalanya sudah aus maka wajib ganti dan tidak bisa diperbaiki.Kemungkinan yang terjadi jika aus adalah muncul bunyi abnormal saat kendaraan berjalan dengan kecepatan tertentu.

Sehingga perlu dilakukan perawatan pelumasan terhadap bearing roda pada kendaraan passanger.Meskipun bebas perawatan namun setiap 30.000 km perlu dilakukan pemeriksaan.Baik itu hanya menambah grease pada bearingnya sehingga pelumasan akan lebih maksimal.Dengan seperti itu bearing roda lebih awet dan tentunya tahan lama.

Komentar