Mengenal Symbol-Symbol Pada Spedometer Kendaraan Tipe Digital


Dengan berkembangnya teknoogi maka semua kendaraan yang awalnya konvensional akan beralih ke digital untuk system electricalnya.Dapat dijelaskan karena lebih efisien dan tidak memerlukan banyak komponen yang terpasang dikendaraan.

Mobil zaman dulu berbeda dengan sekarang ini terutama kendaraan dengan kelas menengah ke atas hampir semua komponen tambahan dan variasi menggunakan system electrical digital.Misal pada kendaraan dulu untuk menghidupkan engine menggunakan kunci kontak namun sekarang ini menggunakan tombol dengan syarat membawa kotak kecil atau disebut key operation system (KOS) sebagai transmiter.

Untuk kali ini yang saya bahas sangat penting sekali pada engine.Karena jika anda tidk mengetahuinya maka jika terjadi symbol menyala maka kendaraan akan mogok bahkan lebih fatal akan rusak jika mengabaikan symbol ini.

Symbol yang dimaksud adalah untuk temperatur engine seperti terlihat pada gambar diatas.Gambar ini tidak akan muncul jika kendaraan temperatur engine tidak over heat.Maka dari itu sysmbol ini muncul atau menyala menandakan bahwa kendaraan mengalami masalah dan anda harus segera menepikan kendaraan dan memeriksa cooling system atau system pendingin engine.

Menyalanya symbol ini bisa disebabkan oleh adanya kebocoran air radiator atau system electrical fan tidak bekerja.Maka system pendingin dikendaraan tidak berfungsi dengan baik maka symbol ini memberi peringatan kepada driver agar segera berhenti untuk memeriksa kendaraanya.

Berbeda jika kendaraan waktu dingin terutama pada pagi hari sysmbol ini akan muncul namun dengan warna yang berebda yaitu warna hijau kekuningan.menandakan engine dalam kondisi dingin dan akan mati atau symbol ini hilang secara otomatis jika temperatur engine sudah mulai panas.

Untuk symbol yang mengalami masalah engine over heat warnya adalah merah sehingga akan jelas dan terlihat driver saat mengemudi.Maka dari itu pahami arti symbol dari kendaraan agar lebih tahu bagaimana dan akibat yang ditimbulkan jika symbol tersebut menyala.

Symbol yang lain akan kita bahas pada artikel selanjutnya sehingga akan lebih tahu informasi pada kendaraan yang sudah menggunakan system digital.

Komentar