Pentingnya Symbol Indikator Tanda Seru Di Lingkaran / Hand brake Pada Mobil


Symbol pada odometer di dashbord memang penting kita harus tahu.Karena ada indikator jika menyala saat kendaraan jalan maka akan sangat berbahaya untuk engine itu sendiri.Misalkan indikator oli mesin yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Sering kita melihat di odometer kendaraan ada banyak sekali indikator yang mungkin kita pemilik kendaraan belum mengetahuinya.Indikator tersebut menandakan apa dan fungsinya untuk apa.Berbeda-beda indikator bentuknya dan menandakan pula perbedaan fungsi dari komponen di engine.

Kali ini saya akan membahas tentang indikator seperti terlihat pada gambar yaitu seperti tanda seru didalam lingkaran.Mungkin bagi anda yang sudah paham bisa terus membaca artikel ini karena meskipun sudah tahu mungkin ada bagian penting yang akan saya bahas kali ini.

Indikator tersebut adalah untuk system rem parkir atau handbrake.Dimana jika tuas handrem ditarik atau di fungsikan maka indikator ini menyala.Apabila handbrake dilepas maka indikator ini harus mati.Jangan sampai waktu kendaraan berjalan indikator handbrake menyala menandakan fungsi rem parkir masih berfungsi sehingga engine tarikan terasa berat karena roda belakang belum bebas masih terkunci remnya.

Jika dibiarkan maka rem belakang akan cepat aus karena gesekan dengan tromol yang ikut berputar bersama dengan roda.Nah yang penting dari indikator ini selain untuk handbrake juga menandakan kondisi dari jumlah minyak rem di reservoir.

Sangat berbahaya jika sampai minyak rem habis karena kemungkinan ada kebocoran disystem remnya.Akan berakibat rem menjadi tidak berfungsi dan menyebabkan hal yang fatal jika kendaraan sedang berjalan.

Maka untuk itu jika indikator ini menyaka waktu kendaraan jalan segera tepikan kendaraan  dan periksa jumlah minyak rem.Berkurang atau tidak sehingga dapat dikondisikan dalam perjalanan selanjutnya.Jika sampai habis maka segera tambah minyak rem dan bawa kendaraan ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih detail.

Akan sangat berbahaya karena system rem menggunakan tekanan hidrolik dari minyak rem.Jika minyak rem kosong maka rem tidak akan berfungsi untuk pengereman.

Komentar