Penyebab Busi Mobil Mati Terus Menerus Dan Akibat Yang Di Timbulkannya


Berbicara masalah busi untuk kendaraan gasoline merupakan komponen yang sangat penting di system pengapian.Fungsinya untuk memercikan bunga api agar didapatkan pembakaran yang sempurna dan engine juga dapat berputar stasioner.

Maka perlu sekali untuk dilakukan pemeriksaan mesin yaitu engine tune up yang dilakukan secara rutin.Busi sendiri bisa kotor dan menyebabkan system penagpian terganggu.Pada gambar diatas terdapat busi yang kotor dengan beberapa sebab.

Ada yang putih bersih,coklat dan hitam bahkan hitam pekat dengan kondisi basah.Dari kondisi ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.Kalu putih bersih menandakan mesin dalam keadaan yang normal juga penginjeksian bahan bakar sesuai ukuran sehingga keluhan bahan bakar boros tidak ditemukan.

Untuk busi warna coklat adalah kondisi busi normal karena pembakaran didalam ruang bakar terjadi maka busi akan panas dan terkena hasil pembakaran sehingga berubah warna coklat.Maka agar kondisi kembali seperti semula perlu dilakukan pembersihan busi secara berkala.

Warna hitam pada busi diakibatkan oleh campuran bahan bakar yang terlalu kaya sehingga driver akan merasa pemakaian konsumsi bahan bakar boros.Ini adalah penyetelan mesin ada yang kurang pas.Perlu dilakukan penyetelan engine baik itu system injeksi atau masih konvensional carburator.

Jika posisi busi hitam maka asap gas buang akan terasa pedas karena sebagian bahan bakar didalam ruang bakar tidak terbakar sempurna.Sebagian menguap keluar bersama sisa gas buang ke udara luar lewat knalpot.Sehingga tenaga yang dihasilkan dengan konsumsi bahan bakar tidak seimbang.Akibatnya boros bahan bakar.

Nah yang ini adalah masalah yang berat karena busi sampai berwarna hitam dan basah oleh oli.Hal ini bisa diakibatkan oleh ring piston yang aus atau dari sel valve yang aus.Penyebab busi mati adalah basah terkena oli sehingga system pengapian terganggu dan efeknya adalah engine mbrebet.

Meskipun busi sudah dibersihkan dan engine kembali normal maka selang beberapa hari akan muncul masalah yang sama yaitu busi hitam pekat dan basah.Maka untuk itu engine over houle perlu dilakukan agar masalah busi sering mati karena basah oleh oli mesin bisa terselesaikan.

Komentar