Penyebab Suara Berisik Mendecit Pada Kendaraan Saat AC Dinyalakan


Kendaraan yang dilengkapi dengan system air pendingin pasti menggunakan komponen yang namanya kompresor.Dan alat ini berfungsi untuk menaikan tekanan refrigerant di system ac.Untuk memompa tersebut dibantu dengan putaran mesin yang dihubungkan menggunakan sebuah fan belt.

Fan belt terbuat dari bahan karet elastis yang bisa berubah daya ke elastisannya karena pengaruh suhu dan bahan dari luar,misalnya terkena oli atau cairan yang lainya.Umur dari fan belt dapat ditentukan dengan memeriksa dari sisi dalam dan sisi samping yang menempel di pulley.

Apabila fan belt sudah retak-retak menandakan fan belt sudah berumur dan daya lenturnya sudah hilang.Aus dibagian samping juga dapat terjadi karena fan belt selalu berputar mengikuti putaran mesin,dan kerja fan belt akan lebih berat jika komoresor ac di nyalakan.

Fan belt yang sudah aus,retak dan bahkan sudah memanjang karena pengaruh suhu dan sebagainya maka menyebabkan fan belt menjadi kendor terhadap pulley engine dan pulley kompresor.Maka sering kita mendengar ketika ac di nyalakan terdengar bunyi mendecit di sekitar engine.

Suara akan lebih keras kembali jika saat posisi ac dan engine diakselerasi maka suara mendecit akan lebih keras.Jika mengalami hal ini maka lakukan segera pemeriksaan terhadap fan belt khusus ac,apabila ditemukan retak dan aus alangkah baiknya dilakukan penggantian.Dari pada saat dijalan mengalami kendala fan belt putus maka akan menambah kendala dan hambatan dalam perjalanan.

Komentar