Comutator Pada Motor Starter Patah Penyebab Motor Starter Tidak Berfungsi


Kendaraan pada umumnya jika tidak bisa start hal yang perlu dicek adalah battery.Apakah battery dalam kondisi yang prima atau sudah dalam keadaan drop.Jika drop maka perlu ganti battery agar kendaraan siap untuk digunakan.

Namun banyak yang tidak tahu jika kendaraan susah start bisa jadi kerusakan ada di motor starter.Dengan membongkar motor starter maka akan terlihat bagian mana yang mengalami kerusakan.Bisanya kerusakan terjadi pada brsuh yang sudah aus.

Namun dalam artikel ini saya menulis trouble yang berbeda dari permasalahan sebelumnya.Yaitu armature pada tembaga mengalai kerusakan.Seperti terlihat pada gambar diatas armature pada bagian ujung yang langsung berhubungan dengan brush mengalami patah.

Hal ini bisa diakibatkan oleh posisi brush yang sudah aus namun motor starter masih digunakan untuk menstart engine.Sehingga comutator pada armature akan mengenai rumah brush yaitu besi dan akhirnya pada comutator yang mengalami kerusakan.

Untuk proses perbaikan yaitu dengan mengganti armature secara assy karena tidak dapat di repair.Dengan menggantinya maka proses perbaikan motor starter akan menjadi normal kembali.

Komentar