Engine Tidak Dapat Start Karena Motor Starter Bermasalah,Ternyata Ini Penyebabnya


Motor starter sangat penting peranannya didalam sebuah kendaraan.Karena merupakan komponen yang berfungsi untuk memutarkan engine pertama kali.Jika tidak ada motor starter maka kendaraan tidak akan hidup dan berputar.

Didalam motor starter banyak komponen yang mempunyai masa usia yang wajib anda ketahui.Yaitu brush atau arang sikat untuk menyalurkan arus ahar motor starter dapat bekerja.Karena part ini selalu dapat gesekan saat kendaraan di start maka lambat laun bisa aus.

Karena bahan dari brush sendiri adalah sebuah penghantar yang mudah sekali aus.Berbentuk arang yang fungsinya tadi untuk menyalurkan arus.Jika kendaraan sering distart maka gesekan akan semakin terjadi sehingga akan cepat aus.

Untuk ausnya memang tidak langsung aus namun sampai satu atau dua tahun belum tentu sudah aus.Namun biasanya para pembeli kendaraan second atau bekas agar dapat memeriksakan motor starter ke bengkel dinamo.Karena kendaraan yang sudah lima tahun lebih bisa jadi brush sudah aus dan perlu penggantian.

Seperti pada gambar adalah posisi brush sudah dekat dengan besi rumahnya sehingga jika dibiarkan maka motor starter tidak dapat bekerja.Bayangkan jika kendaraan saat dipakai kemudian waktu istirahat dan akan kembali digunakan kendaraan mengalami trouble tidak bisa start.Bisa jadi adalah motor starter tidak berfungsi.

Banyak penyebab dari trouble kendaraan tidak bisa start namun dalam artikel ini adalah salah satu penyebabnya pada kendaraan yang usianya melebihi lima tahun.

Komentar