Steering Bearing Rusak Penyebab Bunyi Abnormal Pada Steering


Akhir-akhir ini kita sering mendapat keluhan tentang suara abnormal disteering ketika kendaraan berjalan di atas jalan yang tidak rata atau bergelombang.Dimana suara tersebut berasal dari steering coulomb yang tepatnya dibawah steer.

Maka untuk itu analisa langsung menuju ke seteering coulomb dengan membuka steering.Dan dari analisa terdapat play dari steering bearing.Sebenarnya bearing yang kocak berasal dari rumah bearing yang kurang presisi.Jadi ketika bearing kita gerakan kekana dan kekiri maka terasa sekali play yang banyak.

Hal ini yang menyebabkan suaran kletek-kletek pada kendaraan saat jalan tidak rata.Karena bearing menjadi satu kesatuan dengan steering cloulomb maka ketika ganti harus set.Dan apabila mengganti bearing saja juga bisa dengan merusak rumah bearing.Dan bearing yang sudah dilepas dan diganti yang baru dapat di kunci dengan rumah bearing yang sudah rusak dengan cara saat memasangnya kembali dengan posisi yang benar dan terlihat rapi.

Jika ada keluhan steering bunyi terutama dibawah steer maka dapat dipastikan adalah steering bearing yang bermasalah.Apabila kendaraan masih baru dan masa garansi bawa ke dealer resmi untuk pengajuan waranty claim agar kita dapat ganti dengan spare part yang rusak.

Untuk waranty harus sesuai prosedure dan tidak langsung seketika dapat pengganti dengan part baru.Karena semua butuh proses dan foto lampiran untuk pelaksanaan informasi terhadap atpm.

Komentar