Suara Kasar Pada Transmisi Mitsubishi Colt Diesel Canter Ini Penyebabnya


Pada mitsubishi colt diesel canter terutama untuk type FE74 atau FE75 sering mengalami trouble di transmisinya.Kerusakan tersebut bisa diakibatkan oleh cara penggunaan oleh driver yang kasar atau beban muatan yang overload.

Pada transmisi jarang dilakukan penggantian oli juga akan berpengaruh terhadap kerusakan komponen.Transmisi yang bunyi saat kendaraan berjalan dapat diketahui jika gear transmisi rusak adalah dengan menguras atau tap oli transmisinya.

Oli transmisi akan terlihat banyak serbuk besi yang ikut larut terhadap oli.Jika sudah seperti ini dipastikan bearing atau gear dalam kondisi rusak.Banyak terjadi kerusakan pada bearing di bagian belakang atau output shaft transmisi.

Meskipun tidak selalu pada bearing yang mengalami kerusakan,bisa jadi pada input shaft yang gearnya patah.Ditemukan memang yang sering terjadi kerusakan adalah bearing dan counter gear untuk bahasa technik,bisa disebut gigi renteng pada istilah bengkel luar.

Jika ditemukan seperti ini ganti input shaft dan untuk mengantisipasi kerusakan pada komponen yang sama maka ganti bearing input dan output transmisi yang jumlahnya ada 4pc.Apabila terdengar suara yang tidak normal pada kendaraan maka segera hentikan dan periksa pada bagian mana hal itu terjadi.

Bila tidak ingin kerusakan menjalar ke komponen lain maka sebaiknya jangan dipaksa kendaraan untuk jalan.Karena jika kerusakan pada komponen yang bergerak terutama berhubungan dengan putaran mesin maka jika dipaksakan untuk berputar apalagi kendaraan berjalan maka komponen yang berhubungan tersebut akan menjadi rusak juga.

Transmisi sendiri adalah komponen yang satu sama lain saling berhubungan sehingga jika input shaft rusak maka gear yang berhubungan dengan input shaft terutama counter gear kemungkinan akan rusak juga.

Komentar