Tips Mengetahui Kampas Kopling Atau Clutch Disc kendaraan Sudah Waktunya Harus Ganti


Kendaraan dengan transmisi manual menggunakan kopling sebagai penghubung putaran engine ke trasnmisi dan disalurkan ke roda belakang.Tahukah anda bagaimana cara mengetahui kopling kendaraan yang kita pakai sudah aus dan waktunya ganti.

Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi kepada driver atau pemilik kendaraan agar tidak terjadi mogok dijalan ketika kendaraan pergi untuk berlibur.Terutama berlibur didaerah pegunungan atau puncak yang biasanya jalan tajam berupa tanjakan dan turunan.

Bahkan kondisi jalan yang sering macet karena waktu liburan digunakan sebagian orang untuk bepergian.Maka dari itu tips yang perlu anda ketahui adalah dapat merasakan jika kampas kopling atau clutch disc sudah aus dan waktunya ganti.

Pertama periksa minyak kopling apakah masih dalam posisi yang wajar yaitu berkurang atau normal.Untuk kendaraan dengan system hidrolik dapat memeriksa jumlah minyak koplingnya karena jika berkurang bisa adanya kebocoran minyak kopling.Atau kampas kopling sudah tipis yaitu aus karena dengan berkurangnya minyak kopling membuat pushrod yang menekan release fork akan bergerak lebih maju.Sehingga ruang tampung minyak kopling di power clutch akan semakin lebar dan akhirnya minyak kopling turun ke bawah ke ruangan tersebut.

Kedua adalah ketika kendaraan dibuat jalan datar dengan kecepatan tinggi maka ada saat akan terasa engine yang putaran mesinya tinggi namun kecepatan kendaraan tidak bertambah.Dalam hal ini sering disebut kopling selip artinya adalah kopling sudah tipis sehingga waktu engine berputar dengan putaran tinggi fungsi kopling tidak memadai karena sudah aus.

Jika terjadi seperti hal diatas maka segera bawa kebengkel terdekat untuk memeriksa kopling kendaraan anda.Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal karena kita tidak kontrol terhadap kendaraan.

Komentar