Wiring Harness Mitsubishi Colt T 120 SS Problem


Banyak trouble yang terjadi pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss kemungkinan karena usia kendaraan dan sensor atau dari sisi harnes yang mengalami masalah.Karena kendaraan dengan system injeksi maka apabila terjadi trouble diperlukan penanganan khusus.

Jika diperlukan gunakan workshop manual untuk wiring systemnya.Karena banyak kabel yang berhubungan dengan system injeksi yang berbeda maka setiap wiring untuk warna kabel kita harus mnegetahuinya.

Seperti yang terlihat adalah wiring harnes dari engine masuk kedalam engine control unit melalui bagian sisi kiri kendaraan.Dari bawah jok sebelah kiri menuju kebawah cabin dan kedepan,kemudian masuk kedalam ruang cabin dan dihubungkan dengan system injeksi.

Dengan mengetahui warna kabel untuk system injektor,pengapian,berbagai sensor dan yang lainnya maka kita dengan mudah dapat segera menemukan trouble di system injeksi.Karena system rusak bukan hanya dari sensor namun sering terjadi pada wiring harnes yang mengalami open circuit.

Pada gambar di atas menjelaskan bahwa kabel merah mengalami open circuit yaitu untuk system pengapian.Dimana engine mati tidak dapat dinyalakan karena ground yang menuju ke engine ecu tidak tersambung.

Ground sangat penting karena fungsi ecu selain sebagai switching juga untuk mengontrol system injeksi.Sering terjadi kerusakan wiring harnes dibawah cabin sebelah kiri,dan banyak ditemukan kabel yang mengalami open circuit.

Karena kabel dibungkus dengan isolatip dan pembungkus anti panas maka diperlukan membuka semua kabel sehingga akan terlihat kerusakanya.Dan jangan lupa setelah ditemukan permasalahan bungkus kembali semua kabel untuk menghindari gesekan antar body agar tidak terjadi konslet.

Komentar