Busi Sering Basah Oleh Oli Penyebab Engine Stasioner Tidak Stabil

Kendaraan mitsubishi mengalami engine mbrebet terutama saat kendaraan jalan.Trouble ini juga muncul ketika kendaraan saat pagi waktu engine dipanaskan stasionernya tidak stabil,akan tetapi setelah beberapa saat normal kembali.Engine mbrebet ini muncul kadang-kadang dan tidak selalu terjadi sehingga masalah ini perlu penanganan yang serius.


Dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi valve dan dilakukan penyetelan namun hasilnya masih belum normal.Pemeriksaan dan pembersihan fuel filter akan tetapi trouble belum selesai.Lalu pemeriksaan pada busi dan di lepas semua kondisi busi ternyata untuk silinder nomer tiga mengalami basah oli pada businya.

Analisa oli rembes dari oil seal valve sehingga dilakukan over houle cylinder head.Valve steam seal diganti dan juga dilakukan pembersihan valve dan skur valvenya.Diseting ulang agar kondisi valve dapat menempel rapat dengan rumahnya.

Atas dari piston juga dibersihkan dari kerak karbon yang menempel sehingga terlihat bersih dan untuk menghindari knocking yang diakibatkan oleh panas bara carbon didalam ruang bakar.Untuk menyekur valve lakukan proses beberapa kali sampai hasil maksimal.

Langkah awal menggunakan pasta skur kasar untuk mengikis bibir vale dan setelah semua selesai wajib menggunakan pasta skur halus agar hasilnya lebih baik dan rata.Dilakukan dua tahap agar semua dapat dipsatikan hasil yang sempurna.

Setelah semua selesai part dan komponen yang diganti dipasang semua sesuai urutan dari langkah pembongkaran.Untuk gasket cylinder head wajib dilakukan penggantian agar tidak terjadi rembesan oli dan air dari dalam engine.Kendaraan siap untuk di start dan dilakukan test drive.Setelah kendaraan berjalan cukup jauh dilakukan kembali pemeriksaan pada busi disetiap silinder dan hasilnya busi dalam kondisi yang kering.

Komentar