Cara Memperbaiki Kendaraan Colt T120 SS System Injeksi Mati Tidak Dapat Start


Trouble yang baru ini muncul pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss,dimana system injeksi saat kendaraan akan dinyalakan waktu pertama kali terutama saat pagi yaitu kendaraan tidak dapat hidup.Dengan cara kunci kontak di off dan on kan secara berulang-ulang maka kendaraan dapat hidup.

Waktu kendaraan di on kan pada layar combination meter untuk indikator system injeksi akan menyala dan ketika kendaraan hidup maka indikator engine akan mati.Dalam hal ini adalah normal,namun di kendaraan ini saat on pertama kali check engine mati dan kendaraan tidak bisa di start.Namun ketika kunci kontak di putar dengan cepat ke posisi on dan off berulang kali maka check engine bisa menyala.

Apabila check engine menyala maka saat start kendaraan dapat dihidupkan dengan mudah.Dan yang sering terjadi adalah ketika kendaraan berjalan timbul check engine menyala beberapa saat,setelah itu mati degan sendirinya.

Setelah dilakukan scan pada kendaraan di system injeksinya tidak mengalami masalah sehingga tidak diketahui dari sensor apa penyebabnya.Setelah mencari informasi dari customer bahwa trouble selain check engine menyala saat kendaraan jalan juga pada saat pertama kali mau dinyalakan juga check engine mati seperti yang sudah dijelaskan dia atas.

Dari analisa ini adalah kerusakan terjadi pada engine control relay.Dimana relay untuk system injeksi pada kendaraan mitsubishi colt t120 ss menggunakan dua buah yaitu untuk relay check engine dan relay fuel pump.Dan pada kasus seperti ini adalah kerusakan pada relay untuk check engine.

Biasanya adalah platina untuk penghubung arus pada engine control relay mengalami kontak yang tidk sempurna.Bisa jadi terbakar atau ada kotoran lain seperti yang pernah saya temui adalah terbakat pada kontak platinanya.Cukup dengan dibersihkan kontaknya menggunakan amplas pada kedua sisinya.

Untuk hasil yang maksimal harus diganti relay,sehingga trouble tersebut tidak akan muncul kembali.Permasalahan dapat selesai sehingga kendaraan dapat siap untuk beroperasi kembali dengan normal

Komentar