Cara Perbaikan Jika Angka Odometer Tidak Jelas Pada Colt Diesel Canter


Kendaraan pada colt diesel canter sudah menggunakan control digital untuk mengetahui kecepatan kendaraan.Tidak lagi menggunakan kabel spedometer namun sudah menggunakan sensor dan kabel electric sebagai penghubung.

Sensor ada di bagian output transmisi yang jika rusak maka kecepatan kendaraan tidak dapat diketahui dan juga odometer tidak jalan.Dari kendala yang ada di luar sering terjadi colt diesel canter mengalami odometer yang tidak jelas.Karena digital sebagian ada garis yang hilang,seperti contoh angka tujuh jika garis atas hilang atau tidak terlihat maka akan terlihat seperti angka satu.

Dari beberapa kasus ada yang seperti itu yaitu strip digital hilang sebagian.Ada pula yang tidak kelihatan sama sekali karena tidak terlihat stripnya.Untuk itu kendaraan tidak dapat diketahui berapa odometer kendaraan saat ini.

Artikel ini saya akan memberikan informasi tentang kondisi odometer yang tidak terlihat atau strip yang hilang.Dalam hal ini combination meter tidak rusak namun layar digital pada combination meter mengalami hubungan yang tidak sempurna dengan rumahnya.Karena layar digital hanya dipasangkan ke system menggunakan pengunci yang kurang kuat.

Seperti halnya pada layar kalkulator yang kecil dan untuk layar odometer pada canter bisa dilepas dan diperbaiki.Dengan cara membuka tutup bagian belakang combination meter secara hati-hati karena lock atau pengunci bisa patah saat salah pelepasan.

Langsung saja intinya layar digital odometer di lock menggunakan empat buah pengunci karena kendaraan sudah dipakai lama dan terjadi getaran juga goncangan saat kendaraan jalan maka pengunci tersebut kendor.Jika layar digital tidak menempel sempurna maka strip akan hilang.

Disamping layar digital terdapat empat buah plat besi yang sebagai dudukan.Bahkan disitu plat tersebut kita tambahkan sebagai pengunci dengan cara plat kita lock atau tekuk ke arah layar digital bagian dalam.Semua plat besin kita tekuk sehingga penguncian akan lebih sempurna.

Dengan cara seperti itu maka layar digital yang angkanya tidak muncul penuh maka akan menjadi normal kembali.Strip angka tidak hilang dan muncul angka sesuai dengan jarak yang ditempu kendaraan dari baru sampai sekarang.

Cukup mudah namun perlu bimbingan saat dilakukan pembongkaran agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.Jika dengan cara seperti ini masih belum selesai maka kemungkinan combination assy sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki.

Komentar