Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Dilakukan Engine Over Houle Pada Kendaraan


Pada saat kendaraan mengalami kerusakan terutama pada engine yang perlu dan harus dilakukan engine over houle maka yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan pada piston.Baik itu pada ring piston,piston dan bearing conecting rod apakah sudah aus atua masih dalam keadaan bagus.

Perlu diketahui bahwa kendaraan yang harus dilakukan engine over houle adalah kendaraan yang mengalami tekanan kompresi rendah.Sehingga tenaga engine juga akan terpengaruh,bukan itu saja hal yang perlu dan sangat penting adalah konsusi oli boros.

Jadi saat penggantian oli mesin dengan di isi sesuai batas stick pengukur jumlah oli sudah pada posisinya.Namun dengan kendaraan berjalan kurang lebih dua minggu jumlah oli berkurang dua liter.Maka hal ini dikarenakan ada oli yang masuk kedalam ruang bakar dan akan ikut terbakar sehingga lama kelamaan jumlah oli mesin akan berkurang.

Disamping itu akan terlihat pada exhaust manifold atau bagian knalpot akan keluar asap putih.Hal itu merupakan oli yang ikut terbakar dan keluar ke udara bebas dapat di amati dengan keluar asap putih pada kendaraan gasoline engine.

Komponen ring piston wajib diganti jika sudah terjadi seperti ini,piston dan cylinder liner juga.Untuk cylinder liner dapat kita buat lebih besar atau sering kita sebut over size sehingga diameter lubang cylinder akan lebih besar dan piston juga ring piston akan mengikuti.

Berbeda jika cylinder liner kita kembalikan ke posisi standar maka engine akan kembali seperti dari pabrik.Dan untuk piston juga ring piston juga wajib diganti.Untuk pemasangan ring piston lakukan secara menyilang antara ring piston no satu dan ring piston nomer 2.Ring piston nomer tiga merupakan ring untuk oli sehingga letaknya tidak begitu berpengaruh terhadap engine.

Komentar