Kelebihan Dan Kelemahan Dari System Rem Disc Brake Roda Belakang Pada Kendaraan


System pengereman pada kendaraan merupakan hal sangat penting karena merupakan system keamanan untuk driver dan penumpang.Jika tidak ada rem maka kendaraan tidak akan lengkap.Semua yang berjalan seperti motor,sepeda dan semuanya hampir membutuhkan rem.

Kendaraan pad system rem dengan model lama menggunakan tipe tromol baik itu rem untuk bagian depan maupun bagian belakang.Namun dengan berkembangnya teknologi system berubah dari tromol menjadi cakram.

Memang untuk kendaraan sekarang ini dengan keluaran terbaru sudah menggunakan system rem cakram disemua rodanya.Karena merupakan system pengereman yang sangat baik menggunakan tipe cakram atau tipe disc brake.Daya pengereman yang baik di semua sisi disc dan juga efisiensi panas yang cepat hilang karena langsung berhubungan dengan udara luar.

Biasanya kendaraan yang menggunakan tipe disc brake adalah kendaraan dengan tipe tertinggi dari kendaraan yang lain.Seperti pada all new pajero sport yang menggunakan tipe disc brake adalah tipe dakar.Untuk tipe exceed dan glx masih menggunakan tipe tromol,meskipun tromol namun daya pengeremanya juga baik.

Konstruksi dari disc brake tidak cukup rumit namun yang sering terjadi kerusakan adalah pada pistonnya.Apabila boot rem sudah sobek dan sering melewati jalan basah maka air dapat masuk ke dalam sela-sela piston yang sering mengakibatkan piston berkarat.

Jika disc pad sudah aus maka piston akan keluar lebih memanjang akibatnya sering terkena debu dan air termasuk kotoran yang lainnya.Masalah ini yang sering terjadi pada kendaraan menggunakan tipe disc brake untuk roda belakang.Sehingga akan terjadi rembesan minyak rem pada disc brake.

Jika sudah seperti ini maka dilakukan penggantian piston rem dan seal kit secara assy.Karena rem merupakan hal yang sangat penting maka lakukan penggantian karena jika hanya dibersihkan maka rembesan minyak rem masih akan terjadi sehingga pengereman akan menjadi tidak sempurna.

Komentar