Mengapa Harus Dilakukan Penggantian Oli Mesin Secara Berkala,Simak Berikut Ini.


Semua kendaraan memerlukan perawatan secara berkala agar tetap dalam kondisi prima.Begitu juga dengan perawatan untuk penggantian oli mesin.Karena merupakan hal yang sangat penting dan merupakan wajib di cermati atau diganti secara rutin dan berkala.

Untuk kendaraan gasoline sekarang untuk penggantian oli mesin dilakukan setiap 10.000 km.diesel engine dilakukan setiap 5000 km,akan tetapi sekarang diesel engine juga penggantian oli mesin berkala setiap 10.000 km.Lebih lama karena dari kontruksi engine dan juga pelumas oli yang kulitasnya jauh lebih baik.

Ada banyak jenis oli yang dikeluarkan oleh brand terkenal dan juga atpm sendiri mengeluarkan oli mesin sehingga setiap penggantian oli mesin di dealer wajib menggunakan oli mesin genuine part.Misalkan kendaraannya toyota maka waktu service dan ganti oli menggunakan toyota genuine oil.

Seperti terlihat pada gambar adalah carter sebagai tempat untuk penampung oli sangat kotor sekali.Saat dilakukan engine over houle terlihat banyak kotoran seperti lumpur yang menempel pada carter.Kemungkinan dari analisanya adalah penggantian oli mesin yang tidak rutin sehingga banyak sisa kotoran hasil gesekan komponen part yang sudah aus.

Bisa jadi adalah salah pemilihan tipe dari oli mesin,karena sering terjadi saat dilakukan penyetelan valve clearance masih ditemukan part untuk valve jika kita pegang maka seperti ada lumpur yang menempel pada komponen tersebut.Maka untuk itu lakukan penggantian oli mesin menggunakan oli khusus dari dealer yang dapat dipastikan keasliannya dan kualitasnya.

Dengan menggunakan oli mesin merk yang terkenal dan bagus juga disarankan yang pasti dilakukan penggantian secara rutin agar engine lebih sehat.Meskipun dilakukan setiap 10.000 km namun bisa jadi anda mengganti oli mesin di majukan.Mungkin dibuat 8000 km sudah dilakukan penggantian oli mesin sehingga engine dapat dipastikan awet.

Karena part yang berputar dan bergesekan dengan menggunakan oli baru maka daya pelumasan sangat baik dan dapat mencegah keausan komponen part yang berputar.

Komentar