Penyebab Ban Aus Tidak Rata Pada Kendaraan Mitsubishi Colt T120 SS


Masalah yang sering terjadi pada kendaraan mitsubishi colt t 120 ss adalah ban depan makan atau aus tidak rata.Sering aus pada bagian dalam ban roda depan baik kanan atau kiri.Hal ini dikarenakan camber yang terlalu negatif sehingga ketika ada beban maka ban akan cenderung miring ke arah dalam.

Ketika kendaraan berjalan dengan beban muatan maka hanya bagian dalam dari ban yang bersinggungan langsung dengan jalan,maka ban tersebut akan cepat aus.Jika mengalami hal seperti ini harus segera dilakukan spooring dan balancing.Dengan merubah dudukan shock absorber dan juga menambah minyak shock agar lebih keras.

Sehingga jika ada beban maka shock absorber dapat menumpu kendaraan sehingga roda depan akan tetap tegak lurus ketika ada beban.Dan akhirnya persinggungan ban depan akan rata dengan jalan.Ban aus akhirnya juga akan rata disetiap telapak ban.

Lakukan rotasi ban setiap 10.000 km agar keausan ban dapat merata karena keausan pada roda depan tidak semerta karena penyetelan spooring yang kurang tepat akan tetapi kondisi jalan yang miring dan tidak rata dan juga beban kendaraan yang overload.

Tekanan angin juga akan mempengaruhi,apabila tekanan angin kurang maka ban akan aus dibagian dua sisi yaitu sisi luar dan sisi dalam.Berbeda jika tekanan angin terlalu kencang mengakibatkan ban akan aus hanya dibagian tengah saja.Untuk itu isi tekanan angin ban sesuai spesifikasi yang sudah dikeluarkan oleh pabrik agar keausan ban dapat normal dan rata.

Komentar