Penyebab Control Solar Tidak Normal Pada Kendaraan Mitsubishi All New Pajero Sport


Kendaraan baru mitsubishi all new pajero sport merupakan kendaraan diesel common rail yang semua fitur di odometer menggunakan control digital.Dari temperatur,control bahan bakar dan indikator yang lainnya.

Meskipun kendaraan yang tergolong baru tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada systemnya.Di artikel ini saya pernah mengalami trouble di control indikator bahan bakar tidak normal.Disystem multi information display (MID) muncul warning Fuel System Service Required.

Dari informasi customer bahwa kendaraan setelah di isi bahan bakar akan tetapi pada control indikator bahan bakar di dashboard tidak sesuai dengan jumlah bahan bakar yang ada di dalam tangki.Jumlah bahan bakar ditangki penuh namun control indikator dalam posisi kosong.

Hal ini sering terjadi pada kendaraan all new pajero sport,bukan karena ada sensor atau fuel gauge yang rusak namun disebabkan oleh hal lain.Hampir semua trouble terjadi seperti ini dan disebabkan oleh hal sama.Setelah kita periksa dengan menggunakan scan injeksi ternyata tidak ada trouble pada kendaraan ini.

Jalur wiring harnes yang masuk ke fuel gauge didalam tangki kita periksa.Ternyata ada sebuah kabel khsusus yang masuk kedalam fuel gauge mengalami open circuit.Kabel putus dikarenakan seperti di gigit hewan dalam hal ini kemungkinannya adalah tikus.Namun mengapa selalu diposisi yang sama setiap kendaraan yang mengalami trouble tersebut.

Mungkin bisa jadi letaknya yang celahnya agak longgar sehingga hewan tersebut melewati dan menggigit kabel untuk fuel gauge.Kabel yang putus tadi disambung menggunakan timah solder agar hasil sambungan dapat melekat dengan sempurna.Tidak lupa diberikan pembungkus isolatif agar tidak terjadi konslet.

Setelah semuanya dipasang dan diperbaiki hasilnya control indikator dapat normal kembali.Jumlah bahan bakar ditangki sesuai dengan jumlah di control indikator di dashboard.Permasalahan trouble shooting sudah selesai.Untuk kendaraan saya sarankan adalah diparkir ditempat yang terang agar hewan seperti tikus tidak mengahmpiri kendaraan anda.Apabila sampai semua system kabel electrical sebagian di makan tikus maka akan mengganggu kerja dari system electricalnya.

Komentar