Penyebab Oli Mesin Selalu Berkurang Pada Mitsubishi Colt Diesel Canter


Berbicara tentang kendaraan mitsubishi colt diesel canter disini saya akan berbagi cerita tentang kendaraan customer yang mengalami boros oli.Disini kita berbicara boros tidak hanya pada bahan bakar saja namun kendaraan customer ini mengalami boros oli.

Dimana jumlah oli mesin selalu berkurang ketika kendaraan berjalan setelah beberapa hari.Oli ditambahkan sesuai posisi level stick oli namun jumlahnya selalu berkurang ketika setelah dua hari kendaraan berjalan.

Ini bisa disebabkan beberapa hal antara lain jumlah oli berkurang karena ada kebocoran oli mesin.Kita lihat dari kondisi mesin apakah ada rembesan atau kebocoran oli mesin.Bisa jadi oli berkurang keluar lewat seal atau gasket yang sudah rusak.

Oli mesin berkurang bisa karena ikut terbakar didalam ruang bakar.Ini dikarenakan ring piston sudah aus sehingga oli mesin naik keatas kedalam ruang bakar akibatnya lama-kelamaan jumlah oli mesin akan berkurang.dan bisa fatal akibatnya jika kendaraan sampai kehabisan oli mesin.

Setelah itu customer melakukan over houle engine untuk mengganti piston dan silinder liner bersama ring pistonnya.Kendaraan sudah selesai diover houle dan dinyalakan kemudian dibawa customer pulang untuk bekerja.Selang beberapa hari kendaraan diperiksa jumlah stick oli mesin dan hasilnya oli berkurang.Trouble masih seperti semula sehingga analisa ring piston aus kurang tepat.

Dalam hal ini kendaraan colt diesel canter dilengkapi dengan turbo charger dan pada bagian tengah dari turbin dilengkapi dengan jalur pelumasan.Oli adalah pelumasan terbaik didalam engine sehingga selain melumasi komponen didalam mesin juga melumasi turbo charger.Karena bagian ini sangat panas dan turbine selalu berputar maka sangat perlu sekali dilakukan pelumasan dari oli mesin.

Apabila turbo charge sudah aus pada turbinenya maka system pelumasan tidak maksimal sehingga oli masih ikut mengalir.Jika ausnya dibagian yang berhubungan dengan intake manifold maka oli akan rembes atau bocor ke dalam system intake manifold.Bisa masuk kedalam saluran udara masuk ke intercooler dan akhirnya masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar.Oli akan juga berkurang lewat jalur pelumasan turbo yang sudah rusak.

Dengan mengganti turbo charge pada bagian turbinenya maka trouble oli berkurang sudah teratasi.Karena setelah mengganti part tersebut customer melakukan pemeriksaan engine oil setelah beberapa hari perbaikan yang terakhir,ternyata hasilnya sudah normal kembali.

Kesimpulan dari trouble shooting kendaraan mitsubishi canter yang jumlah olinya selalu berkurang dapat disebabkan oleh turbine dari turbocharge yang sudah aus.Hal ini dikarenakan perawatan penggantian oli mesin yang tidak rutin.Dengan melakukan penggantian oli mesin secara rutin maka kemungkinan kecil turbocharge mengalami kerusakan.

Komentar