Penyebab Tetesan Oli Dibawah Kendaraan Bagian Depan Pada Mitsubishi Colt Diesel Canter


Kendaraan yang sudah lama beroperasi terutama kendaraan niaga maka sangat perlu dan penting dilakukan pemeriksaan rutin setiap kendaraan akan digunakan.Kemungkinan fungsi seal dan packing dari engine sudah mulai tidak berfungsi dengan baik.

Seperti terlihat pada gambar banyak terjadi rembesan oli mesin dibagian engine.Terutama pada bagian bawah kendaraan yang bisa dilihat apabila terjadi rembesan.Jika masih dalam tahap wajar maka rembesan tersebut tidak begitu masalah karena jumlah oli masih mampu untuk melumasi komponen engine yang bergerak.

Berbeda dengan rembesan oli mesin yang sudah menetes yaitu saat kendaraan parkir terdapat oli dibagian bawah kendaraan.Apabila dibiarkan maka jumlah oli akan semakin berkurang dan menyebabkan engine menjadi rusak.

Oli mesin sangat penting untuk menjaga dan melumasi part yang bergerak akan tidak terjadi keausan.Apabila part sudah aus maka fungsi engine akan tidak maksimal.Kendaraan yang sudah diketahui dari mana penyebab oli rembes maka diperlukan daya insting yang tajam.Misalkan dari bagian depan kendaraan terdapat tetesan oli maka harus dicari sumber penyebabnya.

Apakah dari carter atau seal cranksahft bagian depan.Oli yang sudah lama rembes dan dibiarkan maka semakin lama akan melebar dan tidak dapat diketahui dari mana sumber masalah utama penyebab terjadi rembesan.Apalagi jika sudah tertutup debu dan sudah mengumpal maka perlu dibersihkan dan kendaraan dihidupkan sampai didapatkan asal mula rembesan oli mesin.

Biar tidak salah analisa sehingga perlu dilakukan seperti ini.Contoh gambar diatas adalah oli rembes dari seal crank shaft sehingga perlu dilakukan ganti seal.Untuk mengganti seal ini harus melepas pulley agar seal dapat terlepas.Ada banyak cara untuk melepas ini jika terjadi mur dari pulley macet.Tergantung dari cara masing-masing bengkel yang dianggap mudah dalam melepasnya.

Komentar