Perlunya Melakukan Perawatan Secara Berkala Pada System Rem



Rem adalah salah satu komponen terpenting pada kendaraan yang berfungsi sebagai alat untuk menahan laju kendaraan.Kondisi rem mobil anda bisa saja tergantung pada cara anda merawatnya.

Apabila anda mengabaikan perawatan rem mobil maka bisa jadi kinerjanya tidak optimal.dan tentu saja bisa mengancam keselamatan pengendara dan orang lain disekitr kita.Seperti beberapa kasus yang terjadi karena rem mengalami gagal fungsi atau rem blong.

Tips yang dapat anda ketahui untuk merawat rem mobil adalah sebagai berikut :
1. Setiap seminggu sekali anda wajib untuk memeriksa kondisi dari minyak rem agar tidak kosong.Apabila berkurang atau bahkan kosong maka akan berakibat rem akan tidak berfungsi dengan baik.

2. Untuk tipe rem cakram dengan merawatnya harus melepas komponen untuk membersihkanya.Lepas kampas rem atau disc pad dari dudukanya dan gunakan amplas,sikat atau kuas untuk membersihkanya.Bisa juga dengan udara bertekanan dari kompresor.

3. Untuk rem tromol yang biasanya digunakan untuk rem belakang yaitu dengan cara  melepas terlebih dahulu tutup tromolnya.Setelah itu langkah yang harus dilakukan sama membersihkan kampas rem dengan udara bertekanan dari kompresor dengan terlebih dahulu menggunakan amplas untuk memebrsihkan tromol dan kampas rem.Bisa juga dengan menggunakan cairan khusus pembersih rem agar rem semakin bersih dan tidak licin.

Itulah beberapa tips yang sangat berguna bagi pemilik kendaraan seperti anda.Untuk point dua dan tiga jika tidak memungkinkan bisa dibawa ke bengkel terdekat langganan anda.

Komentar