Suara Abnormal / Knocking Terjadi Pada Kendaraan L300 , Ini Salah Satu Penyebabnya


Mitsubishi diesel L300 merupakan kendaraan yang sangat bertenaga dikelasnya dan merupakan kendaraan yang sangat di senangi oleh masyarakat untuk menunjang usaha setiap harinya.Bahwa kendaraan ini menggunakan mesin diesel 2500cc.

Ada perubahan yang membuat engine l300 ini berbeda dari tipe yang sebelumnya,terutama ada di injection pump.Sebelumnya di injection pump hanya ada solenoid dan sensor yang belum lengkao.Akan tetapi tipe yang sekarang sudah dilengkapi dengan acceleration position sensor atau disebut juga dengan sensor peda gas.

Meskipun sensornya tidak terletak dipedal gas namun sensor ini mendeteksi pergerakan pedal gas untuk menaikan rpm.Hal yang terjadi jika sensor ini rusak adalah suara knocking pada engine akan terasa sangat keras sekali terutama waktu engine di akselerasi.Karena sensor ini secara tidak langsung berhubungan dengan timing injeksi.

Mungkin dari sekian kendaraan yang pernah melakukan service hanya beberapa saja yang mengeluhkan kendaraan suaranya kasar terutama waktu digas dengan rpm 2000 lebih.Suara seperti ketukan piston dan juga seperti metal crankshaft yang sudah rusak.

Namun hal ini bukan dari masalah dari komponen engine akan tetapi dari sensor yang sudah rusak karena tidak bisa untuk membaca timing injeksi.Penginjeksian dibuat lebih maju sehingga timbul sura knocking.

Untuk mengatasinya dengan cara ganti sensor untuk hasil maksimal dan juga bisa dengan menonaktifkan sensor tersebut.Jika socket dilepas maka trouble suara knocking akan hilang karena sensor tidak bekerja.Kerusakan sensor ini tidak dapat diperiksa kapan waktunya karena merupakan barang electronic.

Hanya saja jika waktu mencuci kendaraan jangan sampai menyiram engine dengan air karena engine yang sekarang sudah dilengkapi dengan sensor-sensor.Meskipun injection pump kendaraan mitsubishi L300 masih manual akan tetapi ada sebagian sensor yang sudah dikontrol secara electronic.Bisa juga disebut dengan semi electrical pada injection pumpnya.

Komentar