Transmisi Noise Pada Kendaraan Colt T 120 SS Ini Salah Satu Penyebabnya


Kendaraan mitsubishi colt t 120 ss mungkin ada salah satu pemilik kendaraan yang mempunyai permasalahan pada transmisinya.Yaitu timbul suara abnormal seperti bunyi berdengung ketika kendaraan diakselerasi posisi kendaraan diam.Ketika rpm dinaikan maka suara tersebut akan semakin keras.

Apabila kopling kita injak dengan rpm masih tinggi maka suara tersebut hilang.Hal ini dikarenakan putaran mesin dari engine ke transmisi dilepas oleh kopling sehingga tidak berhubungan.Dan ketika pedal kopling dilepas maka suara noise muncul kembali.

Dari analisa pertama kemungkinan permasalahan dari transmisi yang bermasalah.Kemudian dilakukan pembongkaran dan diperiksa dari kopling system yang lainnya.Kopling masih dalam keadaan bagus dan coba diganti dengan yang baru,hasilnya suara masih muncul.

Oli transmisi dikuras dan diperiksa apakah ada bram serbuk besi pada campuran olinya.Ternyata oli masih dalam wajar tidak begitu ada serbuk besi yang menandakan komponen transmisi tidak ada yang aus terlalu parah.Untuk itu dilakukan pemeriksaan pada input shaftnya.

Input shaft dilakukan pemeriksaan play dan hasilnya kurang baik yaitu melebihi standar.Untuk memastikan kendaraan lain yang normal diperiksa input shaftnya dan hasilnya masuk stadart.Maka untuk ini input shaft dilepas dan dilakukan pemeriksaan.

Dengan menambah shim pada input shaft maka play akan bisa dikurangi.Sehingga gerak bebas akan masuk satndart yang sudah ditentukan.Semua komponen yang dilepas dipasng dan untuk oli transmisi diganti dengan yang baru sesuai spesifikasi yaitu oli GL4 Sae 90.

Kendaraan dilakukan test drive sampai temperatur kerja dan kendaraan didiamkan sampai terdengar suara abnormal.Setelah lama dan rpm engine diakselerasi tidak muncul suara yang aneh.Maka dari itu kemungkinan permasalahannya adalah play dari input shaft yang terlalu besar penyebab suara abnormal.

Komentar