Cara Merawat Battery Mobil Dengan Cara Yang Sederhana Dan Mudah


Battery atau accu sering kali kita melupakan bahwa komponen yang satu ini adalah komponen yang sangat penting.Tanpa accu kendaraan tidak akan bisa dinyalakan untuk pertama kalinya.Begitu juga waktu kendaraan tegangan accunya drop maka engine akan susah untuk distart.

Sebenarnya mudah untuk memeriksa dan merawat accu kendaraan anda.Setiap kali kendaraan akan digunakan atau minimal seminggu sekali coba periksa accu kendaraan anda.Dengan cara yang mudah yaitu membersihkan terminal battery dari kerak yang menemperl karena bisa membuat tegangan accu tidak stabil.

Selain kebersihan terminal accu maka pada terminal juga diperiksa kekencangan baut pengikat terminal.Apakah sudah kuat atau kendor,karena jika terminal kendor maka hubungan tegangan accu ke kelistrikan engine akan bermasalah,salah satunya yang masuk ke starter motor maka tidak dapat berputar kuat untuk memutarkan engine.

Ada lagi yaitu jumlah air accu,nah ini adalah yang sering kita lupakan sampai tidak terlihat airnya.Karena lupa mengisi sehingga jumlah air accu di dalam sampai habis.Mengapa bisa habis air accunya dikarenakan battery selalu mendapat supply tegangan dari alternator atau dinamo amper sehingga battery akan terasa panas dan air accu lama kelamaan akan menguap.

Sehingga air akan sedikit demi sedikit berkurang,maka dari itu selalu periksa jumlah air accu di dalam battery.Jika air accu sampai habis dan kering bisa berakibat battery akan panas dan rusak.Seperti ini dibiarkan maka battery akan semakin panas  dan hal yang fatal akan terjadi yaitu battery bisa meledak.

Hal itu dikarenakan saat kendaraan menyala maka dari alternator akan terus mensupply tegangan ke battery.Meskipun kondisi battery air accunya tidak ada dan dalam kondisi kering,maka semakin di supply tegangan akan semakin panas battery tersebut.Akhirnya terjadi battery meledak dan menyebabkan hal yang tidak kita inginkan.

Memang sepele dan mudah namun karena kesibukan maka hal yang sederhana dapat kita mulai dari hal yang kecil yaitu periksa kondisi battery kendaraan anda minimal seminggu satu kali.Agar tidak terjadi seperti hal diatas.

Komentar