KOPLING - Penyebab Tenaga Hilang Karena Komponen Berikut Ini Bermasalah


Berbicara tentang kendaraan dengan keluhan tenaga kurang bisa jadi disebabkan oleh kondisi kampas kopling atau clutch disc yang sudah aus.Ini terjadi memang karena usia kendaraan sehingga clucth disc menjadi aus karena sering bergesekan dengan fly wheel.

Bisa juga disebabkan oleh cara pemakaian yang salah sehingga akan cepat sekali aus.Misalkan contoh pemakaian dijalan yang menanjak dengan beban muatan maka sering kali kita menginjak kopling setenga agar kendaraan tetap dalam keadaan maju kedepan.

Pemakaian di jalan yang berpasir atau berlumpur sehingga roda belakang selip dan driver memaksakan untuk kendaraan agar bisa melaju dari kondisi ban yang terjebak dan selip tadi.Apabila hal ini diteruskan maka akan tercium bau menyengat yaitu bau kampas kopling atau clucth disc yang selip dan terbakar.

Terlihat pada gambar diatas clucth disc pada kendaraan mitsubishi fuso colt diesel canter yang sudah aus terlalu parah sampai habis clucth facenya dan tinggal besi bersama kelingannya.Tentunya jika ini terjadi dan kendaraan masih dibuat jalan maka akan merusak komponen yang lainnya.

Antara lain yang rusak adalah clutch cover atau matahari juga termasuk fly wheel akan aus tidak rata.Maka diperlukan selep dan di bubut untuk fly wheel agar kembali rata permukaannya sehingga clucth disc dapat melekat sempurna.

Clutch cover tentunya juga aus dan diperlukan penggantian dan buka di selep untuk diratakan.Karena cukup diganti aka semua system kopling akan kembali normal.Lakukan pemeriksaan kopling jika dirasakan tenaga sudah hilang pada enginenya,bisa jadi karena masalah clutch disc yang sudah aus sehingga putaran mesin tidak disalurkan sempurna ke transmisi dan differential

Komentar