Pentingnya Fungsi Parking Brake / Handrem Pada Kendaraan Mobil


Kendaraan agar tidak jalan sendiri ketika parkir dibutuhkan yang namanya parking brake atau rem parkir.Dimana rem parkir ini sangat penting fungsinya karena sebagai pengaman untuk kendaraan ketika dijalan yang menurun atau naik.

Setiap kendaraan dilengkapi dengan parking brake dan letaknya sebagian berada di bagian roda belakang.Menjadi satu kesatuan dengan rem belakang dan type rem seperti ini digunakan pada kendaraan kecil sebagai contoh adalah avanza,xenia,xpander,ertiga dan lain-lain.

Namun berbeda untuk kendaraan comercial seperti colt diesel canter,hino,dyna dan kendaraan besar lainnya.Konstruksi dari hand rem atau parking brake ada di belakang transmisi dan berhubungan dengan propeler sahft.Jadi ketika kabel hand rem ditarik maka kampas rem akan bergerak untuk menahan tromol sehingga kendaraan tidak bisa melaju kedepan atau kebelakang.

Sering kali kendaraan mengalami kampas hand rem cepat habis dikarenakan kita atau driver lupa melepas handrem ketika kendaraan sudah berjalan.Sehingga handrem masih berfungsi dan kendaraan dipaksa jalan sehingga terjadi gesekan antara kampas rem dengan tromol.

Jika diteruskan maka akan terjadi keausan pada kampas rem,timbul bau menyengat seperti terbakar karena gesekan.Hal yang fatal adalah akan terjadi panas sehingga menyebabkan tromol dan velg menjadi panas.Ban bisa meletus karena panas oleh velg tersebut.

Untuk itu selalu bebaskan handrem ketika kendaraan akan berjalan.Dan untuk mendeteksi apakah handrem sudah dibebaskan atau belum dapat diketahui pada indikator di dashboard berubah tanda seru yang ada didalam lingkaran.

Apabila indikator menyala maka hand rem aktif dan jika hand rem dibebaskan maka indikator ini seharusnya mati.Apabila masih dalam kondisi menyala ketika kendaraan sudah berjalan dan hand rem juga sudah bebas maka perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih detail.

Komentar