Pentingnya Selang Radiator Di Cooling System Pada Kendaraan


System pendingin pada engine menggunakan air sebagai wahana untuk mendinginkan yang ada didalam mesin.Ada banyak komponen yang saling berhubungan agar cooling system dapat bekerja dengan baik.Komponen itu antara lain adalah radiator,kipas,fan belt,water pump,thermostat,selang radiator dan komponen yang lainnya.

Hal yang sangat penting adalah sarana penghubung untuk cooling system dari radiator ke engine.Yaitu selang radiator yang terbuat dari karet elastis dan tentunya tahan panas.Karena air yang keluar dari engine sangat panas sesuai temperatur mesin dan mengalir ke radiator melalui selang ini dan masuk ke dalam radiator untuk di dinginkan.

Kebocoran air radiator sering terjadi pada area ini yaitu di selang radiatornya.Bisa jadi klem selang yang sudah tidak rapat karena karet dari selang sudah berubah bentuk.Karena usia karet juga akan berubah daya elatisnya sehingga akan terjadi rembesan air radiator.

Yang dapat kita ketahui jika selang ini terjadi rembesan maka bagian ujung selang pada rumahnya akan ada bekas seperti berkarat yaitu besi yang selalu terkena air.Jika cooling system menggunakan cairan khusus yang berwarna maka bagian daerah yang berhubungan dengan ujung selang yang terjadi rembesan akan berubah berwarna sesuai warna coolant.

Cairan coolant berbeda-beda sesuai merk yang ada di pasaran.Ada yang berwarna hijau dan juga berwarna pink.Memang untuk fungsi coolant ini sama hanya saja warna yang membedakan sehingga akan terlihat menarik dengan warna yang cerah.

Untuk kendaraan yang sudah berumur maka wajib diperiksa selang radiatornya apakah masih dalam keadaan yang elastis dan tidak terjadi rembesan air atau sebaliknya.Karena jika engine kehabisan air di system pendinginya maka akibat yang ditimbulkan sangat vital.Engine bisa rusak dan terjadi over heat sehingga dipastikan kendaraan akan mogok.

Komentar