Pentingnya Tutup Tangki Bahan Bakar Pada Kendaraan Diesel Engine


Setiap kendaraan memerlukan bahan bakar untuk dapat menghidupkan engine.Entah itu engine diesel atau engine gasoline pasti memerlukanya karena salah satu engine untuk dapat hidup selain ada kompresi dan pengapian juga diperlukan adanya bahan bakar.

Untuk menampung bahan bakar diperlukan sebuah tangki dimana tidak hanya sekedar untuk menampung bahan bakar karena ada bagian tertentu yang sangat penting.Karena tangki bahan bakar jika tertutup rapat maka aliran bahan bakar untuk masuk kedalam system injeksi tidak akan berjalan dengan baik.

Begitu juga pada waktu akan mengisi bahan bakar di pom bensin jika tangki bahan bakar tertutup rapat maka saat bahan bakar dikeluarkan dari selang pom bensin ke tangki maka akan tumpah karena tidak adanya sirkulasi udara untuk pernafasan tangki.

Maka disitulah pentingnya lubang khusus untuk sirkulasi aliran udara agar bahan bakar dapat berjalan lancar saat pengisian bahan bakar atau saat bahan bakar di alirkan ke engine.Selain itu juga ada tutup tangki yang berfungsi untuk menutup tangki agar bahan bakar tidak tumpah waktu kendaraan berjalan.

Didalam tutup tangki bahan bakar terdapat seal yang berfungsi untuk menutup rapat terhadap rumahnya.Sehingga saat kendaraan berjalan dan terjadi goncangan maka bahan bakar didalam tangki juga akan ikut terbawa goncangan.Apabila ini terjadi maka bisa jadi bahan bakar akan keluar melalui tutup tangki jika tutup tangki tidak dapat menutup sempurna.

Hal buruk akan terjadi jika tutup tangki tidak dapat menutup sempurna yaitu antara lain bahan bakar bisa tumpah saat kendaraan berjalan.Untuk kendaraan diesel bahan bakar solar akan tumpah dijalan dan akan terjadi kondisi jalan yang licin dan menyebabkan kecelakan.Untuk kendaraan bensin juga demikian jika terjadi percikan bunga api dari luar akan sangat berbahaya dan akan timbul kebakar.

Selalu periksa kondisi tutup tangki bahan bakar kendaraan anda apakah terjadi rembesan bahan bakar disekitar tutup tangki atau masih dalam kondisi yang bersih tidak ada rembesan bahan bakar.Ganti tutup tangki bahan bakar jika terjadi hal demikian agar kendaraan dan pengguna jalan selalu dalm kondisi selamat.

Komentar