Penyebab Engine Colt Diesel Canter Tidak Bisa Dimatikan


Sobat otomotif kali ini saya akan berbagi artikel tentang trouble yang sering terjadi pada kendaraan colt diesel canter.Yaitu kendaraan tidak bisa dimatikan pada engineya,sehingga untuk mematikan engine dengan cara dimasukan gigi transmisi dan dilepas secara paksa.

Ini terjadi karena kendaraan sekarang ini dilengkapi dengan fuel cut motor.Merupakan system electronic untuk membuka dan menutup jalur bahan bakar di injection pump dengan bantuan sebuah motor.Dengan menggerakan kabel dan dihubungkan pada injection pump.

Pada saat motor bekerja kabel di lepas oleh motor sehingga akan memanjang dan kendaraan dapat dinyalakan.Berbeda jika kabel ditarik maka akan menutup katup di injection pump sehingga engine akan mati.

Apabila kabel ini putus karena usia atau faktor dari luar bisa jadi maka motor tetap akan bekerja.Akan tetapi kabel akan diam sehingga tidak bisa untuk menarik katup saluran bahan bakar.Dan tentunya engine akan selalu hidup dan tidak bisa untuk dimatikan.

Cara sederhana untuk mematikan engine seperti yang sudah saya utarakan diatas.Dan untuk menghidupkan masih bisa menggunakan fuel cut motor.Dalam hal ini saluran bahan bakar di injection pump adalah normaly open.Yaitu dalam keadaan injection pump tidak terhubung dengan fuel cut motor saluran bahan bakarnya terbuka,sehingga bisa langsung untuk dinyalakan.

Dengan memberika kabel tambahan yang dihubungkan dengan lever cara tersebut digunakan untuk mematikan engine.Ini hanya untuk sementara agar engine bisa dimatikan secara benar tanpa harus masukan gigi transmisi.

Setelah diketahui kabel fuel cut motor putus maka dapat kita ganti dengan kabel rem sepeda atau yang sejenisnya.Karena jika yang rusak hanya kabelnya saja dapat kita perbaiki,berbeda jika yang rusak bagian motor electronicnya maka kemungkinan kecil untuk memperbaikinya.

Untuk itu pastikan kerusakan bukan dari motor dan hanya pada kabel yang putus.Rusak seperti ini bisa disebabkan oleh gesekan dengan benda sekitarnya sehingga lama-kelamaan akan menjadi aus dan akhirnya putus.Bisa juga terkena air dan menyebabkan karat sehingga akhirnya juga putus.

Pada bagian ujung kabel terdapat karet penutup untuk melindungi kabel terhadap rumahanya sehingga apabila karet sobek dan terbuka maka air dan kotoran akan mengendap di sela-sela rumah kabel yang menyebabkan putus atau mace pada kabelnya.

Komentar