Penyebab Suara Mesin Kasar Dan Ini Akibatnya Jika Dibiarkan


Apa yang terlintas di pikiran anda setelah melihat gambar di atas.Memang benar gambar di atas merupakan cylinder block engine yang berlubang dikarena terkena hantaman dari conecting rod.Ini memang terjadi ada penyebabnya dan merupakan ada kondisi dari komponen part yang bermasalah.

Dari kendaraan masuk ke bengkel mengeluhkan suara engine sangat kasar,untuk jumlah oli setelah dilakukan pemeriksaan masih dalam hal yang wajar.Setelah di lakukan test drive tiba-tiba engine mogok dan terlihat ada ceceran oli mesin di jalan.

Terlihat cylinder block berlubang karena hantaman dari komponen part.Setelah dilakukan pembongkaran engine penyebab komponen yang mengahantam cylinder block adalah dari conecting rod yang lepas dari crank shaft.

Suara mesin yang kasar ternyata dari bearing conecting rod yang sudah aus dan baut untuk pengikat conceting rod yang sudah kendor.Saat dilakukan akselerasi cap dari conecting rod lepas sehingga conceting rod keluar dari rumahnya yaitu crankshaft dan akhirnya mengahantam cylinder bock.

Agar tidak terjadi seperti ini maka diperlukan perawatan ganti oli secara berkala.Setiap lima ribu kiolometer dilakukan penggantian oli mesin sehingga engine akan selalu dalam kondisi prima.Untuk memperbaikinya pada cylinder block dapat ditambal dengan las kemudian di tutup dengan plastick steel agar terlihat rapi kembali.

Bawa ke tukang las yang profesional untuk memperbaiki cylinder block yang berlubang agar hasilnya lebih bagus.Dan menghindari terjadinya rembesan atau kebocoran oli mesin ketika kendaraan sudah di lakukan pemasangan dan bahkan engine sudah menyala.

Komentar