Salah Satu Penyebab Oli Mesin Bercampur Pasir Penyebab Engine Di Over Houle


Oli merupakan bagian dari pelumasan komponen engine yang sangat vital fungsinya.Selain untuk melumasi komponen yang bergerak juga melindungi dan membuat oil film agar part yang bergesekan tidak cepat aus.

Untuk itu lakukan penggantian oli mesin secara berkala agar didapatkan kondisi engine yang selalu dalam kondisi prima.Disini dalam artikel ini saya akan menginformasikan bahwa terlihat pada gambar di atas ada sebuah kerikil atau pasir didalam carter yaitu tampungan untuk oli mesin.

Kotoran berupa kerikil dan pasir masuk kedalam system pelumasan yaitu mengendap di dalam oli mesin.Kenapa bisa terjadi seperti ini dikarenakan kendaraannya adalah kendaraan ligh comercial vehicle yang digunakan untuk mengangkut pasir dan bahan bangunan.Karena kendaraan ini digunakan untuk mengangkut barang di toko bahan bangunan.

Memang keseharianya adalah untuk mengangkut pasir,semen dan bahan-bahan lainya.Ruang kabin sangat terlihat kotor dan berdebu sehingga menurut analisa dari kami pasir ini masuk melalui lubang pengisian oli mesin.

Yaitu ketika kendaraan dilakukan tap oli maka jok penumpang di angkat agar lubang pengisian oli mesin dapat dibuka.Dari sini pasir yang mengendap didalam ruang kabin khususnya di jok terjatuh tanpa sepengetahuan sehingga akan masuk kedalam engine.

Jika sudah terjadi seperti ini maka engine perlu dilakukan over houle.Dikarenakan system pelumasan sudah tidak berfungsi dengan baik dan timbul suara kasar pada engine.Kemungkinan suara kasar berasal dari bearing metal jalan atau conecting rod bearing.

Komponen tersebut rusak karena tidak ada pelumasan yang berfungsi dengan baik sehingga bearing terjadi gesekan dengan  conecting rod.Maka agar tidak terjadi seperti ini khususnya kendaraan niaga yang sering digunakan untuk mengangkut barang bahan bangunan alangkah baiknya ruang kabin dan juga mesin dijaga dari kotoran dan debu.Misalkan pasir,tanah,debu atau kotoran yang lain agar tidak smapai masuk kedalam engine.

Komentar