Trouble Shooting Engine Canter Tidak Ada Tenaga Dan Boros,Ini Salah Satu Penyebabnya


Kendaraan mitsubishi colt diesel sering terjadi keluhan tenaga kurang,tanjakan lemah dan tentunya boros bahan bakar.Beberapa sudah diganti part yang berhubungan dengan system engine yaitu filter solar,filter udara dan part lainya.

Tentunya selain itu hal yang penting adalah komponen utama dari system bahan bakr selain injection pump yaitu nozzle atau injector.Terkadang tenaga kurang di akibatkan oleh nozzle yang tersumbat sehingga untuk memeriksanya diharuskan untuk melepas nozle dari engine.Pengetesanya juga memerlukan alat khusus yaitu nozzle tester yang berfungsi untu memeriksa tekanan nozzle.

Jika tekanan berkurang dari standar maka nozzle bisa dilakukan penyetelan dengan menambah shim di dalam nozzle.Namun jika hole atau lubang nozzle tersumbat oleh kotoran maka diperlukan pembersihan menggunakan sikat baja khusus untuk membersihkan lubang yang tersumbat.

Nozle yang tersumbat kadang kita bersihkan dapat menjadi normal kembali namun beberapa ada yang sudah tersumbat dan kita bersihkan namun tidak bisa sempurna.Yaitu spray hasil injeksi nozzle tidak dapat menyebar sempurna sehingga menyebabkan tenga engine berkurang.

Hal lain tentang nozzle yang tersumbat yang pernah saya alami adalah keluhan dari customer yang tenaga kurang.Baik pada posisi tanpa muatan dan saat muatan akan terasa lagi tenaga engine hilang.Pemeriksaan nozzle dan penyetelan nozzle sesuai standart,filter solar,turbo,valve dan injection pump sudah dilakukan penyetelan semua.

Namun saat dilakukan test drive tenaga engine masih sama tidak ada perubahan.Dari analisa saya adalah nozzle kita coba pinjamkan kendaraan lain dan dipasangkan dikendaraan yang mengalami trouble,hasilnya tenaga engine saat tanpa muatan sangat terasa sekali perbedaannya.

Setelah itu dilakukan penggantian semua nozzle dan kemudian dipasang kembali di engine.Dilakukan test drive dengan customer dan merasakan sendiri perbedaan tenaga engine lebih bertenaga.Dari sini kita memang melihat nozzle yang lama tekanan injeksi setelah distel sudah sesuai standar namun saat dipasang di engine tidak ada tenaga.Kemungkinan yang terjadi adalah spring didalam nozzle sudah lemah sehingga saat diganti nozzle baru tekanan injeksi sesuai standar.

Mungkin di sini ada yang pernah mengalami trouble seperti ini maka kemungkinan salah satu penyebabnya adalah dari nozzle.Dengan kata lain kita sudah memeriksa semua dari komponen yang berhubungan dengan system injeksi atau fuel systemnya.

Komentar